PENGARUH STRATEGI KEMITRAAN PG TRANGKIL TERHADAP KINERJA PEMASOK TEBU DENGAN LINGKUNGAN BISNIS SEBAGAI VARIABEL MODERATOR

HARYONO , AGUS (2002) PENGARUH STRATEGI KEMITRAAN PG TRANGKIL TERHADAP KINERJA PEMASOK TEBU DENGAN LINGKUNGAN BISNIS SEBAGAI VARIABEL MODERATOR. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2421Kb

Abstract

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rencana kerjasama dalam bentuk kemitraan menyarankan bahwa indikator transparansi, kepercayaan dan pembagian resiko dan keuntungan merupakan ciri-ciri dari kemitraan untuk mendapatkan kinerja pemasok yang handal. Permasalahan hubungan kerjasama dalam bentuk kemitraan antara PG dengan petani selaku pemasok tebu belum berjalan dengan baik. Ketidakpercayaan petani terhadap PG dapat menimbulkan ketidakpastian dalam pembagian keuntungan dan resiko yang dihadapi dalam kemitraan. Dengan memperhatikan lingkungan bisnis diperlukan adanya strategi kemitraan untuk meningkatkan kinerja pemasok dalam bermitra dengan pabrik gula Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi kemitraan terhadap kinerja pemasok yang ditunjukkan oleh adanya kecepatan penghantaran dan waktu yang tepat, biaya penghantaran dan kualitas pasokan tebu. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan bisnis sebagai variabel moderator antara variabel strategi kemitraan dan kinerja pemasok tersebut. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi linear dan berganda dengan interaksi yang dilanjutkan dengan analisis residual. Basil penelitian menyimpulkan bahwa strategi kemitraan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasok. Begitu pula hipotesis yang menyatakan bahwa variabel lingkungan merupakan variabel moderator antara strategi kemitraan dan kinerja pemasok terbukti dalam penelitian ini. Kata kunci : Strategi kemitraan. kinerja pemasok, lingkungan bisnis, regresi berganda dengan interaksi, analisis residual. Many researchs show that alliance planning in partnership suggest trust, transparancy, risk and gain sharing are the indicator of partnership to get a better supplier performance. Relationship between sugar mill and the farmers as cane supplier is not in good condition right now. The farmers didn 't trust to the company, so it led uncertainty in risk and gain sharing on that partnership that cause a negative effect on supplier performance. Regarding to the business environment, it needs a partnership strategy to improve supplier performance. The main objective of this research is to examine the affect of partnership strategy on supplier performance (such as delivery and time, cost, and quality of the cane). The second objective of this research is to analyze business environment as moderators between partnership strategy and supplier performance. Linear regression analysis, moderated regression analysis and residual analysis are use to test the hypothesis in this research. The results found that partnership strategy influence suppliers performance. Besides, business environment proved as moderators between partnership strategy and suppliers performance. Keywords : Partnership strategy, suppliers performance, business environment, moderated regression analysis, residual analysis.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:9738
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:29 Apr 2010 17:43
Last Modified:29 Apr 2010 17:43

Repository Staff Only: item control page