ANALISIS PENGARUH FAKTOR - FAKTOR LINGKUNGAN DAN STRATEGI TERHADAP PERTUMBUHAN USAHA PERUMAHAN REAL ESTATE Sebuah Studi Kasus pada PT. Kini Jaya Indah

Soeprijanto, Abednego (2001) ANALISIS PENGARUH FAKTOR - FAKTOR LINGKUNGAN DAN STRATEGI TERHADAP PERTUMBUHAN USAHA PERUMAHAN REAL ESTATE Sebuah Studi Kasus pada PT. Kini Jaya Indah. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2528Kb

Abstract

The rapid changing of environment on politic, economic and social culture, it was driving the multidimensional crisis in Indonesian country, including political, economical, moneter and banking, and social culture crisis of which resulting economic unstable and deeply fall-down. Consequently, almost businessmen and business organizations are facing to the problem on fund resource (capital), increased base materials price, market competition and buying power. Therefore, business organization shall enhance their efforts by means identify opportunities, threats and constraints in order to keep or even increase the business performances. In relation with the above matters, author has studied the cases at PT. Kini Jaya Indah, a firm that develop the Plamongan Indah Real Estate situated at Plamongan Sari Village, Semarang city. The target of this study is to improve the Business Growth of the firm by identifying the factors that may influence the Growth, and expectedly find any distinctive competitive advantages that enable to formulate the "Strategic implications" accurately. The factors that predicted to influence the Business Growth including Environment Factors ie. prosperity and market share; and Stategy Factors ie. Cost Efficiency Strategy and Differentiation Strategy. Perubahan lingkungan politik, ekonomi dan sosial budaya sedemikian hebatnya sehingga rnengakibatkan terjadinya krisis multidimensional didalam negeri Indonesia baik krisis politik, ekonomi, moneter dan perbankan serta sosial budaya, yang kesemuanya itu membuat ketidakstabilan dan terpuruknya perekonomian didalam negeri yang sangat dalam. Ini berarti hampir semua pebisnis dan organisasi bisnis dihadapkan pada masalah-masalah sumber dana, tingginya harga bahan baku, persaingan dan daya-beli pasar. Oleh karenanya organisasi bisnis dituntut melakukan upaya-upaya untuk dapat mengidentifikasi akan peluang (opportunities), tantangan (threats) dan hambatan (constraints) agar dapat mempertahankan atau bahkan menaikkan kemampuan (performance) bisnisnya. Melihat keadaan seperti itu, penyusun telah melakukan studi kasus pada PT. Kini Jaya Indah, sebuah perusahaan pengembang (developer) perumahan real estate Plamomgan Indah yang berlokasi di kelurahan Plamongan Sari, Semarang. Sasaran dan studi kasus tersebut adalah dalam rangka upaya untuk menaikkan Pertumbuhan usaha dengan cara melakukan identifikasi faktor-faktor lingkungan dan faktor-faktor strategi yang berpengaruh terhadap pertumbuhan tersebut, yang darinya diharapkan didapatkan keuntungan jcompetitive istimewa (distinctive competitive advantage), sehingga dapat dirumuskap hpplikasi strategik-nya secara tepat. Faktor-faktor yang diduga berpengaruh terhadap pertumbuhan usaha meliputi faktor-faktor lingkungan yaitu Kemakmuran (Prosperity) dan Pangsa Pasar (Market Share); dan faktor¬faktor strategi yaitu Strategi Efisiensi Biaya (Cost Efficiency Strategy) dan Strategi Diferensiasi (Differentiation Strategy).

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:9736
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:29 Apr 2010 16:13
Last Modified:29 Apr 2010 16:13

Repository Staff Only: item control page