ANALISIS STRATEGI PEMASARAN JASA PERBANKAN PADA PT BANK BUMI DAYA (PERSERO) CABANG SEMARANG KEPODANG

Nugroho, Agus (1998) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN JASA PERBANKAN PADA PT BANK BUMI DAYA (PERSERO) CABANG SEMARANG KEPODANG. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2769Kb

Abstract

This thesis was designed by taking PT Bank Bumi Daya (Persero) Semarang Kepodang branch office (BED), one of business unit entity as research object. The problem formulated was decrease of market share of BED. The objective - of this research are to identify strategic position of BBD within market competition of banking business in Semarang and to analyse factors which encourage customers in using services of BBD The result expected by completing this research shall be to determine appropriate future action by anticipating external changes and overcoming the weaknesses and formulating strategic policies as an effort to increase banking services. To achieve the objectives of this research, SWOT analysis were used. Base on SWOT analysis diagram, BBD is position in agressive strategic quadrant or growth strategy. The implication of growth strategy for BED will be market share increase strategy_ This strategy can be performed through intentifying and extentifying promotion and extentifying distribution. In relation with marketing mix concept, implementation of promotion and distribution policy should be put in high priority although product and price policy which may support objective achievement should not be neglacted. Implementation of product policy consists of: increasing credit amount and fastening credit realization process. The price policy consists of: going rate pricing and decreasing administration cost. The promotion policy consists of: adding advertising media, improving advertising contain and granting interesting gifts.. The service policy consists of: operational service' improvement, staff's profesionalism improvement, teller service improvement and adding ATM facilities_ In addition to the policies which closely related with marketing mix in facing monetary crises, some policies might be applied such as: maintaining and improving portofolio quality and credit collectability, resquing bad debts, improving efficiency, consolidating, buying and selling foreign exchange in a great spread, granting interest rate subsidy for small business, reactiviting money market transaction, improving human resources quality, carrying out conservative actions in granting govermental credit program and optimizing bad debt collection by Badan Urusan Piutang darn Lelang Negara (BUPLN) Tesis ini disusun dengan obyek penelitian pada PT Bank Bumi Daya (Persero) Cabang Semarang Kepodang sebagai salah satu unit bisnis. Permasalahan yang dirumuskan . adalah terus menurunnya pangsa pasar yang dikuasi oleh BBD Cabang Semarang Kepodang Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mengidentifikasi posisi strategis BBD Cabang Semarang Kepodang dalam persaingan pasar usaha perbankan di Semarang uerta menganalisis faktor-faktor yang mendorong nasabah menggunakan jasa BBD Cabang Semarang Kepodang. Hasil yang diharapkan dalam penelitian ini agar dapat menentukan langkah pada masa yang akan datang dengan mengantisipasi adanya perubahan eksternal dan dapat mengatasi kelemahan yang masih ada serta merumuskan kebijakan-kebijakan strategis sebagai upaya untuk lebih meningkatkan pelayanan. Untuk mencapai tujuan dalam penelitian ini digunakan analisis SWOT (Stength, Weakness, Opportunity, Treath). Dari diagram analisis SWOT BBD Cabang Semarang Kepodang berada pada kuadran agressive strategy atau strategi pertumbuhan. Implikasi dari strategi pertumbuhan bagi BBD Cabang Semarang Kepodang adalah strategi peningkatan pangsa pasar. Strategi ini dapat ditempuh melalui intensifikasi dan ekstensifikasi promosi serta ekstensifikasi distribusi. Dalam kaitannya dengan konsep bauran pemasaran, implementasi kebijakan promosi dan distribusi mendapatkan tekanan utama meskipun tidak mengabaikan kebijakan produk dan harga sebagai kebijakan yang dapat menunjang untuk mencapai tujuan. Implementasi terhadap kebijakan produk meliputi: peningkatan plafon kredit dan mempercepat proses realisasi kredit. Kebijakan harga meliputi: going rate pricing dan penurunan beban biaya administrasi. Kebijakan promosi meliputi: menambah penggunaan media iklan, meningkatkan materi iklan dan pemberian hadiah yang menarik. Kebijakan pelayanan meliputi: peningkatan pelayanan operasional, pengingkatan profesionalitas staf, peningkatan pelayanan teller dan menambah fasilitas ATM. Disamping kebijakan yang berkaitan dengan bauran pemasaran, dalam mengadapi krisis moneter beberapa kebijakan yang ditempuh antara lain: memelihara dan meningkatkan kualitas portofolio dan kolektibilitas kredit, penyelamatan terhadap debitur bermasalah, melakukan efisiensi, melakukan konsolidasi, melakukan jual beli valas dengan spread yang besar, memberikan subsidi bunga kredit untuk usaha kecil, mengaktifkan. kembali transaksi pasar uang, meningkatkan kualitas SDM, melakukan langkah konservatif dalam pemberian kredit program pemerintah dan mengoptimalkan penagihan kredit bermasalah melalui Badan Urusan Piutang dan Lelang Negara (BUPLN). 1

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:9712
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:29 Apr 2010 14:16
Last Modified:29 Apr 2010 14:16

Repository Staff Only: item control page