ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KARAKTERISTIK INOVASI PRODUK TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi Empiris pada BPR di Jawa Tengah)

MASHUDI, MASHUDI (2004) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KARAKTERISTIK INOVASI PRODUK TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi Empiris pada BPR di Jawa Tengah). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2540Kb

Abstract

The purpose of this research is to investigate how the BPR's characteristics of product innovation earn to influence BPR performance. And what factors influencing characteristics of product innovation. The BPRs — Bank Perkreditan Rakyat or People's Banks — (is) micro financial institutions, lisenced by central bank Bank Indonesia to operate as secondary banks. They are thus authorized for loan and deposit services. This research addressess to three antecedents and one consequence from characteristics of product innovation. The antecedent factors are firms strategic orientation, organizational structure, and external environment characteristics. And the consequence is firm performance. A tentative model has been designed to reflecting these particular features. Also, on the basis of data taken from the BPR in Central Java, the capacity of the adapted model has been analysed for predicting the factors that influence characteristic of product innovation in order to increase firm performance. Respondents of this study are 100 directors/chief/managers of BPR. Data collected with quesioner and interviews technics. Data analysis is done using Structural Equation Modelling (SEM) as analysis tool on AMOS 4.01 program. Further, the results indicate that factors such as firms strategic orientation, organizational structure, and external environment characteristics may be important factors in influencing the characteristics of product innovation. Finding also indicate that characteristics of product innovation positively influences a firm performance. Finally, discusses the implications for the people's banks management or other firms of adopting product innovation as a strategy to increase firm performance. The limitation and agenda for the further research can be used as reference by further researcer. Keyword: People's Bank, characteristic of product innovation, firm performance, firms strategic orientation, organizational structure, external enviroment characteristics Maksud dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana karakteristik inovasi produk dapat mempengaruhi kinerja BPR. Faktor-faktor apa yang mempengaruhi karakteristik inovasi produk. BPR — Bank Perkreditan Rakyat atau People's Banks — adalah lembaga keuangan mikro yang atas persetujuan Bank Indonesia (Bank Sentra!) untuk beroperasi sebagai bank sekunder. BPR tersebut menjalankan pelayanan pinjaman dan tabungan. Penelitian ini difokuskan pada tiga anteseden dan satu konsekuensi dari karakteristik inovasi produlc Faktor-faktor anteseden tersebut adalah orientasi strategi perusahaan, struktur organisasi, dan karakteristik lingkungan ekstemal. Dan konsekuennya adalah kinerja perusahaan. Model yang dikembangkan merefleksikan faktor-faktor penting tersebut. Berdasarkan pada data yang diambil dari BPR di Jawa Tengah, kapasitas model yang dianalisis digunakan untuk memprediksikan faktor-faktor yang mempengaruhi karakteristik inovasi produk dalam rangka untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Responden dalam penelitian ini adalah 100 orang direktur/kepala/manajer BPR. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara kepada responden, dan teknik analisis yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modeling) dengan program AMOS 4.01. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa faktor-faktor seperti orientasi strategi perusahaan, struktur organisasi, dan karakteristik lingkungan elcsternal merupakan faktor-faktor penting yang mempengaruhi karakteristik inovasi produk. Hasil penelitian ini juga menemukan bahwa karakteristik inovasi produk berpengamh secara positif terhadap kinerja perusahaan. Akhimya, dibahas pula implikasi manajemen BPR atau perusahaan lainnya mengenai adopsi inovasi produk sebagai suatu strategi peningkatan kinerja perusahaan. Keterbatasan penelitian dan agenda penelitian mendatang dapat dijadikan acuan bagi peneliti selanjutnya. Kata Kunci: Bank Perkreditan Rakyat, Karakteristik Inovasi Produk, Kinerja Perusahaan, Orientasi Strategi Perusahaan, Struktur Organisasi, Karakteristik Lingkungan Ekstemal.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:9687
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:29 Apr 2010 12:25
Last Modified:29 Apr 2010 12:25

Repository Staff Only: item control page