ANALISIS MARKETING MIX TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PERTOKOAN MODERN PASARAYA SRI RATU DI KOTA SEMARANG

Aribowo , Hendra (1999) ANALISIS MARKETING MIX TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PERTOKOAN MODERN PASARAYA SRI RATU DI KOTA SEMARANG. Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO .

[img]
Preview
PDF - Published Version
2175Kb

Abstract

ABSTRACT A crisis moment brings a picture on the change of the environment with the impact on the buying decision of the consumers. The decline of the purchasing power limits the product selection wanted by the consumers. This situation brings difficulty to the job and role of the marketers without being supported by a dynamic and market oriented strategy, meaning, giving attention to customer loyalty so that they do not go to the competitors. Various literature or references on marketing say that marketing is the most important strategy of the company. Another statement frequently heard is that customers are kings. That statement shows how important customers are to a company, more spesificly, how important consumers are who have full loyalty to the company. Consumer loyalty is a measurement of the company's achievement. It is brought about by several factors or variables related to the company's marketing strategy. This research studies consumer loyalty related to variables . product quality , service quality , promotion programs , selling price policy and store location, by taking the consumers who shop in Pasaraya Sri Ratu Semarang as samples / respondents. There were 100 respondents, devided into 2 locations • Pasaraya Sri Ratu Pemuda and Pasaraya Sri Ratu Peterongan. The method used is non random sampling by accidental technique sampling. This research shows that consumers tend to be loyal to Pasaraya Sri Rata. This is shown by the significant association or relation between product quality , service quality , promotion programs , price , store location and consumer loyalty, although consumer loyalty is average. This is shown by the correlation coefficient which is between 0,3 and 0,6. In detail , almost all dimensions attached to the variables are shown to be significant. There were only two variables which were not significant, i.e. logistic which is a dimension of product quality and environment support which is a variable of location. Of the five variables, price is the most important one which causes loyalty. The second one is location, the third one is promotions programs, the fourth is product quality and the last one is service quality.ABSTRAK Masa 'crisis memberikan gambaran tentang terjadinya perubahan lingkungan yang berdampak pada keputusan beli konsumen. Daya beli yang menurun membuat konsumen pada kondisi yang lebih terbatas menyangkut pilihan produk yang diinginkannya. Keadnan seperti ini menyebabkan tugas dan peran pemasar menjadi sulit tanpa didukung oleh strategi yang dinamis dan berorientasi ke pasar, dalam arti memberikan perhatian tentang loyalitas pelanggan, agar tidak terjadi perpindahan ke perusahaan lain. Berbagai literatur ataupun referensi yang terkait dengan pemasaran memberikan pernyataan bahwa pemasaran merupakan ujung tombak perusahaan, pemyataan lain yang sering diungkap adalah bahwa pembeli atau pelanggan adalah raja. Pernyataan tersebut menggambarkan betapa pentingnya pelanggan bagi perusahaan, lebih khusus lagi adalah amat pentingnya konsumen yang memiliki loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan. Loyalitas konsumen terhadap perusahaan merupakan salah sate barometer keunggulan / kinerja perusahaan. Loyalitas pelanggan dapat disebabkan pleb berbagai faktor atau variabel yang terkait dengan strategi pemasaran perusahaan. Penelitian ini mengkaji tentang loyalitas konsumen yang terkait dengan variabel — variabel mutu produk, mutu pelayanan, program promosi, kebijakan harga jual dan lokasi toko dengan mengambil sampel konsumen yang berbelanja di Pasaraya Sri Ratu Semarang. Adapun jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden yang terbagi dua lokasi; yaitu Pasaraya Sri Ratu Pemuda dan Pasaraya Sri Rata Peterongan, dengan metode non random sampling dan teknik acidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan konsumen adalah loyal terhadap Pasaraya Sri Ratu, hal ini ditunjukkan oleh adanya asosiasi atau hubungan yang signifikan antara variabel mutu produk , mutu pelayanan , program promosi , harga dan lokasi dengan loyalitas konsumen. Walaupun tingkat loyalitas konsumen pada taraf sedang saja, hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi berada antara 0,3 sampai dengan 0,6. Secara rinci dimensi — dimensi yang melekat pada variabel — variabel penelitian hampir semua dinyatakan signifikan„ hanya ada dua variabel yang tidak signifikan yaitu logistik yang merupakan dimensi variabel mutu produk dan dukungan lingkungan yang mempalcan dimensi variabel lokasi. Dari Ice lima variabel penelitian ternyata harga mempakan somber loyal tertinggi, tingkatan kedua lokasi dan ketiga program promosi, keempat mutu produkdan tniddrir -nun pelayanan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
ID Code:9630
Deposited By:Ms upt perpus3
Deposited On:01 May 2010 13:13
Last Modified:01 May 2010 13:13

Repository Staff Only: item control page