MULYONO, HELEN (1999) EVALUASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN DALAM BERBELANJA DI PASAR SWALAYAN ( Studi Kasus di PASAR SWALAYAN " ADA" Majapahit ). Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO .
| PDF - Published Version 1692Kb |
Abstract
ABSTRACT Retail business progress mostly beyond national scale. Competition occur on retail business is a reason why the company have to be more oncern on satisfaction and fulfilling customer's need to keep the business work and get a longterm profit as well. This observation need to evaluate elements concern with customers satisfaction on shopping. Observation which takes place at ADA Majapahit Supermarket, which consider as a new establish Supermarket that start on July .1997 and only couple of month before the monetary crisis rush into. In order to trive and being accepted by public, it is important knowing elements concern with customer's satisfaction on shopping. Data taken by using questionnaire with sample for 100 responden and using purposive random sampling as well. Statistic model with chi — square were used on analized methode. Based on the analized result show that the main element that satisfied customers need on shopping is the product, then pricing, location, promotion and service. One who pay more attention to such elements can be sure that the business could be run longer and survive because customer's will be satisfied. It is redeemly suggested to all retail businessman to be carefull on choosing products that will be sale out, considerring the most competitive price, find strategyc location which easy to be reach by both customers and suppliers and enough parking space as well, using the media or material of promotion and such standard of services that meet customers satisfaction.ABSTRAK Kegiatan usaha eceran / bisnis retail telah mengalarni perkembangan bahkan banyak yang telah berkembang secara nasional. Maraknya persaingan bisnis eceran inilah yang menyebabkan perlunya perusahaan memperhat&an kepuasan dan pemenuhan kebutuhan konsumen sehingga kelangsungan usaha dan kemampulabaan jangka panjang dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan unuk mengevaluasi factor-falctor yang mempengaruhi kepuasan konsumen dalam berbelanja Penelitian di lalcukan di Pasar Swalayan ADA Majapahit, didasarkan pada petimbangan bahwa Pasar Swalayan tersebut barn berdiri pada bulan Juli 1997 dan beberapa bulan setelah berdiri krisis moneter berlangsung. Oleh karena itu untuk menjaga kelangsungan usahanya dan agar keberadaannya dapat diterima oleh masyarakat umum, maka sangat diperlukan mengetahui faktor-falctor yang mempengaruhi kepuasan konsumen dalam berbelanja .Pengambilan data dengan menggunalcan daftar pertanyaan ( kuesioner ), dengan jumlah sampel sebanyak 100 responder', serta pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling. Model statist& yang digunakan yaitu uji chi square. Dan i hasil analisis menunjuldcan bahwa produk menjadi falctor paling dominan yang mempengaruhi kepuasan konsumen dalam berbelanja, dillcuti falctor harga, lokasi, promosi serta pelayanan. Apabila pengusaha eceran memperhatikan falctor-faktor tersebut, maka akan dapat member&an kepuasan kepada konsumen dan kelangsungan usahanya akan terjamin. Dan i hasil uraian di atas disarankan kepada pengusaha retail untuk selektif dalam memilih produk- produk yang dipasgrkan, mempertimbangkan harga jual yang kompetitif, lokasi yang strategis dalam artian mudah dijangkau oleh konsumen clan supplier serta parkir yang luas, promosi yang tepat gun; juga pelayanan yang dapat memberikan kepuasan kepada konsumen.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
ID Code: | 9570 |
Deposited By: | Ms upt perpus3 |
Deposited On: | 29 Apr 2010 08:22 |
Last Modified: | 29 Apr 2010 08:22 |
Repository Staff Only: item control page