Sumarno, Sumarno (2002) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG NIEMPENGARUH1 KEPUASAN KONSUNIEN (Studi Pada Konsumen Sepeda Motor Honda Astrea Legenda di Jakarta). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 1647Kb |
Abstract
Pada periode tahun 1970-an sampai dengan tahun 1998, pasar sepeda motor di Indonesia, di dominasi oleh beberapa produsen sepeda motor yang tergabung dalam Asosiasi, Produsen Sepeda Motor Indonesia (AISI), yaitu Honda, Yamaha, Suxuki, Kawasaki dan Piagio. Pada periode ini, masing-masing produsen tersebut, berkembang dengan baik, dan yang paling berhasil adalah Honda yang dapat meraih pangsa pasar sebesar 53% dari total penjualan sepeda motor di Indonesia. Pada tahun 1999, pemerintah Indonesia mengeluarkan Deregulasi Otomotif yang memberi kebebasan pada setiap industri sepeda motor memasarkan produknya di Indonesia, sehingga persaingan sepeda motor di Indonesia menjadi semakn ketat, terutama pada produk sepeda motor tipe bebek bermesin empat tak, akibatnya, pangsa pasar sepeda motor Honda menurun. .Salah satu penenyebab penurunan pangsa pasar sepeda motor Honda, adalah bergesemya kepercayaan masyarakat. Oleh karena itu, pada thesis ini menganalisis faktor-faktor kepuasan konsumen yang dikhususkan pada sepeda motor Honda Astrea Legenda, karena sepeda motor ini pada peluncuran perdananya tidak mencapai target penjualan. Alat analisis yang digunakan dalam thesis ini adalah analisis regresi berganda. Setelah diadakan penelitian terhadap 100 responden, ternyata hasilnya menunjukan bahwa harga, kualitas produk, dan pelayanan penjualan secara bersama-sama signifikan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Dengan demikian, untuk memperbaikai kepercayaan masyarakat terhadap sepeda motor Astrea Legenda, maka Astra Honda Motor perlu meninjau kembali kebijakan strategi pemasafan sepeda motor Astrea Legenda, sesuai dengan perilaku pengaruh faktor-faktor tersebut diatas. At period of year 1970 up to year 1998, motorbike market in Indonesia, predominated by some merged into motorbike producer is Association Producer Motorbike Indonesia (AISI), that is Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki and of Piagio. At this period, each producer, expanding better, and most successful is Honda able to reach for market compartment equal to 53% from totalizeing sale of motorbike in Indonesia. In the year 1999, government of Indonesia go into effect Deregulasi Otomotif giving rope in each motorbike industry market its product in Indonesia, so that emulation of motorbike in Indonesia become progressively tighten, especially at motorbike product of type parrot to have machine four step, as a result, motorbike market compartment of Honda downhill. One of the cause of degradation of motorbike market compartment of Honda, is to shifting it trust of society. Therefore, at this thesis analyse factors satisfaction of consumer majored at motorbike Honda Astrea Legenda, because this motorbike at maiden launching of it do not reach sales target. Analyzer which is used in this thesis is analysis of regresi doubled. After checking to 100 responder, in the reality its result indicating that price, quality of product, and service of sale by together signifikan have an effect on to satisfaction of consumer. Thereby, to improve repair trust of society to motorbike of Astrea Legenda, hence Astra Honda Motor require to revise policy of strategy marketing of motorbike of Astrea Legenda, as according to beha ior of influence of above mentioned factors.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 9566 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 1 |
Deposited On: | 29 Apr 2010 07:56 |
Last Modified: | 29 Apr 2010 07:56 |
Repository Staff Only: item control page