ANALISIS VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI INTEGRASI STRATEJIK BAGI PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN (Studi kasus pada toko elektronik di Kota Semarang)

Nuradi, Widagdo Teguh (2002) ANALISIS VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI INTEGRASI STRATEJIK BAGI PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN (Studi kasus pada toko elektronik di Kota Semarang). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2660Kb

Abstract

Penelitian terdahulu menyarankan pengembangan penelitian yang menguji hubungan antar perusahaan dan memperluas faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan manajemen hubungan stratejik ini (Dwyer et. at, 1987; Mohr et. at, 1996; Johnson, 1999), kemudian pengaruh hubungan itu terhadap kinerja (Katwani dan Narayandas 1995 dalam Johnson 1999; Lusch dan Brown 1996 dalam Johnson 1999). Dalam penelitian ini diajukan model penelitian untuk menguji pengaruh kualitas hubungan, fleksibilitas, harapan kelangsungan hubungan dan penyebaran informasi terhadap integrasi stratejik, serta pengaruh integrasi stratejik terhadap kinerja pemasaran. Penelitian ini menggunakan sampel 105 dari 460 toko elektronik di Kota Semarang. Alat analisa data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) pada program AMOS 4M1. Hasil analisa data menunjukkan bahwa model penelitian mempurtyai kesesuaian/fil yang baik dan semua hipotesis penelitian dapat dibuktikan. Kesimpulan yang diambil adalah kualitas hubungan berpengaruh positif terhadap integrasi stratejik, fleksibilitas berpengaruh positif terhadap integrasi stratejik, harapan kelangsungan hubungan berpengaruh positif terhadap integrasi stratejik dan penyebaran informasi berpengaruh positif terhadap integrasi stratejik, kemudian integrasi stratejik berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran. Berdasarkan hash penelitian dapat diambil implikasi teoritis bahwa penelitian ini memberi justifikasi tambahan dari beberapa anteseden yang mempengaruhi integrasi stratejik secara positif, yaitu kualitas hubungan, fleksibilitas, harapan kelangsungan hubungan dan penyebaran informasi. Implikasi manajerial yang dapat diberikan adalah saran bagi para manajer untuk memberi perhatian !chill pada faktor tleksibilitas, karena hal ini tnerupakan faktor yang paling dominan yang mempengaruhi integrasi stratejik. Beberapa keterbatasan serta agenda penelitian mendatang dijelaskan pada bagian akhir penelitian.Previous researches (Dwyer et. al., 1987; Mohr et. al., 1996; Johnson, 1999) suggest to develop research which examines relationship inter firm and extents factors influencing the development of this relationship management, moreover, the effect of this relationship to performance (Kalwani and Narayandas 1995 in Johnson 1999; Lusch and Brown 1996 in Johnson 1999). A research model is proposed in this research to examine the influence of relationship quality, flexibility, continuity expectation, and information sharing to strategic integration, moreover, the influence of strategic integration to marketing performance. This research uses 105 of 460 electronic stores in Semarang city as a research sample. Data analysis tools used in this research is Structural Equation Modeling (SEM) under AMOS 4.01. The result of the data shows that research model has good fit and all the hypotheses can he proved. The conclusions are: relationship quality has positive influence to strategic integration, flexibility has positive influence to strategic integration, continuity expectation has positive influence to strategic integration, and information sharing also has positive influence to strategic integration, moreover, strategic integration has positive influence to marketing performance. Based on the results of the research could be taken theoretical implication that this research gives more justification from antecedents influencing strategic integration, i.e.: relationship quality, flexibility, continuity expectation and information sharing. Managerial implication of this research is a suggestion to managers to pay more attention to flexibility because this factor is the most dominant factor to strategic integration. Several limitations and agenda for future research are stated in the last part of this research.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:9562
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:28 Apr 2010 21:09
Last Modified:28 Apr 2010 21:09

Repository Staff Only: item control page