Anggororini , Sari (2002) ANALISIS PENGARUH ATRIBUT YANG. DITAWARKAN HOTEL GRASIA SEMARANG TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENGINAP KONSUMEN. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 1231Kb |
Abstract
Perkembangan hotel di Semarang khususnya hotel berbintang dua sangatlah pesat dan merupakan hotel bisnis yang kebanyakan digunakan sebagai tempat transit dengan potensi pasar usahawan. Hotel merupakan perusahaan yang menyediakan jasa-jasa (service) dalam bentuk penginapan (akomodasi) serta fasilitas lainnya yang dibutuhkan wisatawan. Dalam memilih strategi pemasaran pariwisata hams memperhatikan syarat-syarat hotel yang baik dalam mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen untuk menginap di hotel tersebut. Hotel Grasia dalam menghadapi hal itu telah menawarkan suatu atribut kepada konsumen yang terdiri dari 4 variabel diantaranya : Pelayanan yang diberikan kepada konsumen, Lokasi yang strategis di pinggir Jalan Raya, Fasilitas yang disediakan dan Harga Kamar yang ditawarkan. Dalam analisis penelitian (tesis) ini mengambil sampel 100 responden (penginap) dengan menggunakan tehnis pengambilan sampel acak distrafikasi yaitu mengelompokkan masing-masing strata misalnya kamar, kemudian diambil secara acak. Selanjutnya dari sampel tersebut, kemudian menentukan apakah ada pengaruh / hubungan antara atribut yang ditawarkan Hotel Grasia Semarang terhadap Pengambilan Keputusan Menginap Konsumen. Alat analisis yang digunakan untuk menganalisa tingkat pengaruh tersebut yaitu melalui : 1. Korelasi ( r ) 2. Regresi Y = a + MCI + b2X2+ b3X3 tat Dan juga penerimaan atau penolakan Hipotesa melalui : 1. Uji Signifikansi dengan uji — t (satu per satu). 2. Uji Signifikansi dengan uji - F (keseluruhan). Dan hasil analisis penelitian tersebut menunjukkan bahwa : • Pengaruh tersebut sangat kuat dan positif. Ini menunjukkan bahwa faktor Pelayanan, Lokasi, Fasilitas dan Harga terhadap Pengambilan Keputusan Menginap Konsumen sangat memuaskan , karena faktor-faktor tersebut dianggap bisa memuaskan sehingga konsumen jika ada kesempatan berkeinginan untuk menginap lagi di Hotel Grasia Semarang. • Atribut yang ditawarkan Hotel Grasia Semarang sangat berpengaruh terhadap keputusan konsumen untuk menginap sebesar 86,08 % , sedangkan sisanya sebesar 13,92 % dipengaruhi oleh faktor di luar atribut yang ditawarkan oleh manajemen pihak Hotel Grasia Semarang. Melalui uji — t diperoleh : • Ha diterima artinya ada pengaruh positif antara Pelayanan yang diberikan terhadap Pengambilan Keputusan Menginap Konsumen. • Ha diterima artinya ada pengaruh positif antara Lokasi Yang Strategis Terhadap Pengambilan Keputusan Menginap Konsumen• Ha diterima artinya ada pengaruh positif antara Fasilitas Yang Disediakan terhadap Pengambilan Keputusan Menginap Konsumen. • Ha diterima artinya ada pengaruh positif antara Harga Yang Ditawarkan terhadap Pengambilan Keputusan Menginap Konsumen Melalui uji F diperoleh : • Ha diterima artinya ada pengaruh positif antara Atribut Yang Ditawarkan Hotel Grasia Semarang Terhadap Pengambilan Keputusan Menginap Konsumen. Karena apa yang diberikan Hotel Grasia telah dapat memberikan kepuasan kepada konsumen, maka juga perlu melakukan hal lain dalam mempertahankan apa yang seharusnya dilakukan seperti menyediakan fasilitas yang lebih dari hotel lainnya, menyediakan kursus perhotelan dan lain -lain.Hotel Developing in Semarang especially Hotel of Second Star Level is very hard and it is business hotel with custom used transit place with businessman market potential. Hotel is company supplies service in spending the night (accomodtion) with other facility that is needeed the tourist. In choosing strategy of tourism marketingmust notice good hotel terms in influence customer decision taking for spent the night in the hotel. Hotel Grasia in faced that case has thing offerred a atribute to customer. To consist of 4 variables, likes: Services to customer, Location (strategy location), Facility, Tarif. In this research analysis takes sample 100 respondents (inner) with stratified random sampling is making group each other with strata. It is room and then it is taken with random. Countinously, from sample and then determines what there is influence between offerred atribute of Hotel Grasia Semarang with decision taking for inning customer . The analysis instrument is used to analyze corelation degree / influence with : Regression. And Receiveing and Refusing Hypothesis , through 1. Significant test with t — test ( one by one ). 2. Significant test with F — test ( all ). From analysis result shows : • It means that influence very strong and positif This shows that service, location, facility and tarif with customer decision to inning very satisfy customer, because that factors are considerred satisfy, so customer if any chance wants to inn again. • It means offerred atribute of Hotel Grasia very influence to customer decision for inn 86,08 % . With t — test shows : • so Ha is received. It means there is positif in influence between service to customer decision to inning. • so Ha is received. It means there is positif in influence between location to customer decision to inning. • so Ha is received. It means there is positif in influence between facility to customer decision to inning. • so Ha is received. It means there is positif in influence between tarif to customer decision to inning. With F — test shows : • so Ha is received. It means there is positif influence between Offerred Atribute Of Hotel Grasia with customer decision to inning again. Something is given Hotel Grasia had given satisfaction to customer , so it needs to do other problem in treat what it has been done, like : supply more facility from other hotel, supply hotel training and so on.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 9560 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 1 |
Deposited On: | 28 Apr 2010 20:53 |
Last Modified: | 28 Apr 2010 20:53 |
Repository Staff Only: item control page