"STRATEGI DIFERENSIASI" UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERSAING BERKELANJUTAN "STUDI KASUS" DI PERUMAHAN "TAMAN BUKIT HIJAU" SEMARANG

JUSUP, DJOKO SUSILO (2002) "STRATEGI DIFERENSIASI" UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERSAING BERKELANJUTAN "STUDI KASUS" DI PERUMAHAN "TAMAN BUKIT HIJAU" SEMARANG. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2422Kb

Abstract

Tesis ini berjudul "Strategi Differensiasi" Untuk Meningkatkan Kemampuan Bersaing Berkelanjutan "Studi Kasus" Di Perumahan "Taman Bukit Hijau" Semarang, Mula-mula mencari Latar Belakang Permasalahan yang ada, yaitu problem utama pihak developer mengenai realitas basil penjualan yang kurang memenuhi target dan rencana penjualan yang telah ditentulcan. Kemudian dilakukan analisa perbandingan dengan pihak developer pesaing lainnya, yang mempunyai segmentasi, targeting maupun positioning yang sama, yaitu pada masalah-masalah utama, yaitu pada harga jual produlc, system layanan yang dilakukan maupun basil produknya sendiri. Sistem layanan, harga jual dan basil produlc merupakan unsur-unsur polcok yang berpengaruh terhadap kemampuan bersaing berkelanjutan bagi sebuah developer perumahan. Telaah Pustaka dan Hipotesis, adalah untuk melakukan kajian terhadap teori-teori dari para pakar marketing dan berbagai jurnal yang ada, yang kemudian dikaitkan dengan realitas yang ada di lapangan, maka dalam tesis ini diajulcan 3 buah hipotesis yaitu tentang diferensiasi layanan, diferensiasi produk dan diferensiasi harga yang sangat berpengaruh positif terhadap Kemampuan Bersaing Berkelanjutan, bagi sebuah developer dan kemudian dibentuk sebuah kerangka berpikir teoritis. Pada Metode Penelitian, adalah untuk melakukan pencarian sumber data, yaitu dengan cara menyebar kuesioner pada seluruh lconsumen pembeli yang berjumlah 113 orang (98 responden yang dapat digunakan) untuk memperoleh data primer dan data sekunder yang nantinya bertujuan menguji ke 3 hipotesa tersebut, Tesis ini juga bertujuan untuk membuktikan kebenaran teori para pakar pemasaran, apabila ke 3 buah diferensiasi tersebut bila diterapkan di lapangan, sesuai dengan kenyataan. Analisa Data merupakan basil sebaran kuesioner yang kemudian dianalisa melalui alat analisa yang bernama SEM (Structural Equation Modelling), dan dilakukan melalui komputasi Amos 3.61. Kesimpulan dan Implikasi Kebijalcan untuk membuat suatu simpulan basil penelitian dan implikasi lcebijakan yang nantinya bermanfaat bagi pihak manajemer. Basil simpulan dari ke 3 hipotesis tersebut terriyata memang benar bahwa apabila sebuah developer mau melakukan strategi diferensiasi, yaitu diferensiasi layanan, diferensiasi produk maupun diferensiasi harga, maka akan sangat berpengaruh positif terhadap kemampuan bersaing berkelanjutan bagi pihak developer itu sendiri pada janglca panjangnya nanti.The title of this thesis is 'Differentiation Strategic for Growing Up Sustainable Competitive Advantage, Case Study in Real Estate Taman Bukit Hijau Semarang" First we are looking for the main problem of real estate development about selling reality, where has no target point on selling. And then we make analysis comparative with another competitor real estate development, who has sama in segmentation, targeting and potitioning. The main problems are service, product and price. There are very influence to sustainable competitive advantage for a real estate development. And than we study many theories from many expert marketer on the journal marketing. We got 3 hypotesis from the journal marketing, there are service differentiation, product differentiation and price differentiation.whose influence sustainable competitive advantage for a real estate development, and then we construct a new theories. We looked for source date from all buyers to got primer date. We analysed all of date with SEM (Structural Equation Modelling), with Amos 3.61 Computation through 7 steps model, And the last, we got that 3 hypotesis are real true.influence to sustainable competitive advantage for a real estate development.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:9554
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:28 Apr 2010 20:02
Last Modified:28 Apr 2010 20:02

Repository Staff Only: item control page