ANALISIS PENGARUH EFEKTIFITAS IKLAN CELANA JINS MEREK LEA TERHADAP KEYAKINAN MEMBELI KONSUMEN DALAM RANGKA MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN (Studi kasus di kota Semarang)

Muthi'ah , Amani (2002) ANALISIS PENGARUH EFEKTIFITAS IKLAN CELANA JINS MEREK LEA TERHADAP KEYAKINAN MEMBELI KONSUMEN DALAM RANGKA MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN (Studi kasus di kota Semarang). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2495Kb

Abstract

Perkembangan dunia usaha dewasa ini semakin tidak dapat diprediksikan dan berbagai macam usaha di bidang produk maupun jasa semakin bersaing dalam upayanya dalam menjaring konsumen. Oleh karena itu, loyalitas pelanggan dan iklan yang efektif sangatlah diperlukan dalam memenangkan strategi bersaing bisnis di masa yang akan datang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh efektifitas iklan celana jins merek Lea terhadap keyakinan membeli konsumen dalam rangka meningkatkan loyalitas pelanggan di kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan (pembeli sekaligus pemakai) celana jins merek Lea di kota Semarang Data primer diperoleh dari kuesioner yang diisi oleh responden yang terpilih sebagai sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode accidental sampling. Teknik analisis dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM). Secara keseluruhan hasil komputasi untuk pengujian model menunjukkan hasil yang baik, seperti goodness of fit indices (0.903) dengan tingkat probability 0.147 dan beberapa justifikasi lain yang menunjukkan nilai baik, yaitu Chi-Square = 61.599; CMIN/DF = 1.179; GFI = 0.903; AGFI = 0.852; TLI = 0.980; CFI = 0.985, dan RMSEA = 0.046. Hasil analisis mendukung 3 hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, yaitu iklan efektif memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan, iklan efektif memiliki pengaruh terhadap keyakinan membeli celana jins merek Lea, dan loyalitas pelanggan memiliki pengaruh terhadap keyakinan membeli celana jins merek Lea.The growth of business and enterprises in recent year is getting unpredictable as more and more business and enterprises engaging head to head competition to attract its consumer. For this reason, therefore, a good loyalty and effectively advertising are needed to win a strategy of business competitive in the future. The objective of this research is to analyze the impact of effectiveness advertising on buying conviction of Lea's jeans pants in order to release the customer loyalty in Semarang city. Population for this research is customer (as the buyer and as the user) of Lea's jeans pants in Semarang city. Primary data were employed in this research and obtained by questionnaires which filled by the respondent. Meanwhile, accidental sampling method used in this research and statistical analysis using Structural Equation Model (SEM). On the whole, research model shows good result, such as goodness of fit indices (0.903) with probability degree 0.147 and another justification that shows good value, there are Chi-Square = 61.599; CMIN/DF = 1.179; GFI = 0.903; AGFI = 0.852; TLI = 0.980; CFI = 0.985, and RMSEA = 0.046. The result of the analysis support the three hypothesis proposed in this research, there are effectively advertising impact customer loyalty, effectively advertising impact buying conviction of Lea's jeans pants, and customer loyalty impact buying conviction of Lea's jeans pants.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:9549
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:28 Apr 2010 19:32
Last Modified:28 Apr 2010 19:32

Repository Staff Only: item control page