ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI MICA COVER ( STUDI KASUS PRODUK MICA COVER MEREK T-MACS PADA PT. BUMINDO PERKASA CABANG SEMARANG )

BASTONO, BUYUNG (2002) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI MICA COVER ( STUDI KASUS PRODUK MICA COVER MEREK T-MACS PADA PT. BUMINDO PERKASA CABANG SEMARANG ). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1832Kb

Abstract

Kondisi persaingan yang ada dalam era globalisasi, akan semakin mengaralikan sistem perekonomian Indonesia ke mekanisme pasar yang memposisilcan perusahaan untuk selalu mengembangkan dan merebut market share ( pangsa pasar ). Sejak krisis ekonomi tali= 1997, lingkungan dunia bisnis mengalami perubahan yang cukup dmstis. Tingginya tingkat inflasi dan meningkatnya biaya produksi yang berkaitan dengan dollar, menyebabkan harga produk semakin menjadi tinggi, sehingga keadaan ini menyebabkan daya bell masyarakat menurun. Apabila konsumen akan melakukan pembelian, setidak-tidaknya mereka akan semakin kritis dan selektif dalam memilih produk. Konsumen menuntut kualitas, layanan, kecepatan, dan tleksibilitas. Selain itu, konsumen juga semakin sensitif terhadap harga dalam proses pembelian mereka. Konsekuensi dari kondisi ini menyebabkan masing-masing perusahaan berlomba-lomba untuk menarik minat masyarakat untuk membeli produlmya dan melakukan berbagai cara untuk merebut pangsa pasar sebesar mungkin. Tentiniya dalam hal ini perusahaan hams memperhatikan komponen sikap dan perilaku konsumen yang berbeda-beda, sebab pada mulanya produk mica cover yang dijual oleh PT. Bumindo Perkasa menunjukkan volume penjualan yang baik, sehingga menghasillcan laba yang cukup besar bagi perusahaan. Namun dalam perkembangannya, volume penjualan produk ini mulai mengalami penurunan, sehingga laba perusahaan menjadi berkurang. Data yang digunakan adalah data interval Skala liken (1 — 7), dari basil kuesioner yang dihagikan kepada 100 responden yang diambil dari populasi sebanyak 300 pelanggan. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda, dengan variabel independen produk, harga, saluran distribusi dan promosi terhadap variabel dependen keputusan membeli Mica Cover T-MACS. Tennant utama penelitian ini adalah produk, harga, saluran distribusi dan promosi berpengaruh positif dan signifikan tehadap keputusan membeli Mica Cover T- MACS. Secara rinci variabel produk menunjukkan nilai pengaruh sebesar 0,063, variabel harga menunjukkan pengaruh sebesar 0,147, variabel saluran distribusi menunjukkan pengaruh sebesar 0,074 dan variabel promosi menunjukkan pengaruh sebesar 0,064. Sedangkan prioritas kebijakan yang perlu dilakukan manajemen PT. Bumindo Perkasa dilihat secara berturut-turut dari nilai beta terbesar, yakni pertama kali dilakukan pada coal harga dengan beta 0,943, disusul produk dengan beta 0,426, kemudian promosi dengan beta 0,407 dan teralchir saluran distribusi dengan beta terkecil, yakni 0,382. Dengan demilcian pihak manajemen henclaknya memprioritaskan pada perbaikan sistem pembayaran dan pemberian diskon, untuk dapat mempenganthi keputusan konsumen dalam membeli produk mica cover T-MACS.The competition condition in this globalization era, will directing the hidonesian economics system to market mechanism which placed the company to develop and to gain market share continously. Since 1997 economics crisis, business environmental having a drastic change. The inflation and production cost raising which linked to US Dollar value, instantly caused products price raising, and further caused the falling of peoples purchasing power. If the consumers still buying any product, at least they will getting smarter and more selective chosing the product. Consumers demands quality, service, speed and flexibility. Beside that, consumers also getting more sensitive to the price of product the want to buy. The qonsequence of this condition caused each of company races to attract peoples attention to buy companies product and gain as much as market share they can get in anyway. Of course in this case company must pay attention to the difference of consumers attitude and behaviour, because at the first time mica cover product that have been saled by PT. Bumindo Perkasa shows a good sales volume, so that it could gain a large amount of profit to the company. But lately, the product sales volume starting to fall, and it affected to companies profit. The data that used in this research is a Lilcert Scale (1 — 7) interval data, from questionaire that distributed to 100 respondent of 300 PT. Bumindo Perkasas consumers. The data analysis is using multiplied regression, with product, price, distribution channel and promotion as the independent variables while purchasing decision of T-MACS mica cover as the dependent variable. Primary result of this research is that product, price, distribution channel and promotion have an influence and significant to the purchasing decision of T-MACS mica cover. Specificly, product variable has 0,063 points of influence, price variable has 0,147 points of influence, distribution channel variable has 0,074 points of influence and promotion has 0,064 points of influence. Meanwhile the policy priority that should be done by PT Bumindo Perkasas management in particular order is, first with greatest beta value (0,943) is price variable, and next with medium beta value (0,426) is product variable and than promotion with beta value (0,407) and the last distribution channel with smallest beta value (0,382). Thus, the management should make priority to the improvement of paying system and discount strategy, to influenced consumers decision to purchase T-MACS mica cover product.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:9548
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:28 Apr 2010 19:25
Last Modified:28 Apr 2010 19:25

Repository Staff Only: item control page