ANALISIS PENGARUH PERSEPSI KUALITAS TERHADAP PEMILIHAN PRODUK TEH SOSRO (STUDI KASUS DI KOTA SEMARANG)

Broto, Suharsono Adi (2002) ANALISIS PENGARUH PERSEPSI KUALITAS TERHADAP PEMILIHAN PRODUK TEH SOSRO (STUDI KASUS DI KOTA SEMARANG). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2311Kb

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh dimensi-dimensi persepsi kualitas yang mencakup kinerja produk, fitur produk, kesesuaian dengan spesifikasi, keandalan produk, dan kemudahan pelayanan terhadap pemilihan produk. Penelitian ini memusatkan pada merek teh sosro karena kehadirannya di pasar Indonesia sudah dikenal sejak lama. Pada saat ini, teh sosro menghadapi persaingan yang sengit pada hampir setiap pasar, termasuk pasar Semarang. Di sisi lain, beberapa pakar berpendapat bahwa pada kondisi persaingan yang ketat, hanya produk atau merek yang memiliki kualitas yang dipersepsikan tinggi oleh konsumen yang akan memenangkan persaingan. Dengan menggunakan convenience sampling, penelitian ini menetapkan 148 responden yang memenuhi syarat yang tersebar di 6 pasar swalayan terkemuka di Semarang. Analisis regresi berganda digunakan untuk menguji sejauhmana pengaruh 5 dimensi persepsi kualitas terhadap pemilihan produk. Uji t digunakan untuk menguji hipotesis pertama sampai dengan hipotesis kelima, sedangkan uji F digunakan untuk menguji hipotesis keenam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keenam hipotesis yang diajukan terbukti kebenarannya. Hasil penelitian tersebut mengindikasikan kinerja produk, fitur produk, kesesuaian dengan spesifikasi, dan kemudahan pelayanan mempengaruhi pemilihan produk secara signifikan balk secara sendiri-sendiri maupun secara serempak. Temuan tersebut menandakan para manajer pemasaran teh sosro seyogyanya meningkatkan persepsi kualitas produknya dengan cara memusatkan pada pengembangan 5 dimensi tersebut di atas dalam rangka meningkatkan pemilihan produk oleh konsumen dan lebih jauh lagi, sebagai upaya untuk mengalahkan para pesaing. Selanjutnya, penelitian ini juga menguraikan keterbatasan-keterbatasan dan saran-saran bagi penelitian yang akan datang.The purpose of this study is to test the impact of perceived quality's dimensions that are comprised of product performance, features, conformance with specifications, reliability, and serviceability on product choice. the present research focused on teh sosro brand as its emergence in Indonesia's market has been long recognized. Teh sosro is presently facing high rivalry in almost every market including Semarang market. On the other hand, some scholars stated that in highly competition, only product or brand that its quality is perceived high by consumers would win the competition. By using convenience sampling, this study found 148 eligible respondents that are dispersed in 6 leading supermarkets in Semarang. Multiple regression analysis is employed to test the it illuence of 5 perceived quality's dimensions on product choice. t test is then used to test the first to fifth hypothesis where F test is used to examine the sixth. The result shown that all 6 hypothesises are proven true. The result indicated that product petformance, features, conformance with specifications, reliability, and serviceability affect product choice in significant way both individually and simultaneously. the findings suggest that marketing managers of teh sosro should increase the perceived product quality by focusing on the development of 5 dimensions mentioned above in order to raise the consumers' product choice and moreover, to beat competitors to the punch. Furthermore, this study also outline the limitations and suggestions for further research.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:9547
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:28 Apr 2010 19:19
Last Modified:28 Apr 2010 19:19

Repository Staff Only: item control page