ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN YANG DI RASAKAN, HARGA, VARIASI PRODUK, KEPUASAN PELANGGAN DAN MAT BELT ULANG TERHADAP I NTENSITAS PEMBELIAN (Study Empiris Pada Apotik di ROD Senteng Kab. Banyuwangi)

Isnandar , Isnandar (2002) ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN YANG DI RASAKAN, HARGA, VARIASI PRODUK, KEPUASAN PELANGGAN DAN MAT BELT ULANG TERHADAP I NTENSITAS PEMBELIAN (Study Empiris Pada Apotik di ROD Senteng Kab. Banyuwangi). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
2681Kb

Abstract

Dengan semakin ketatnya persaingan yang terjadi di dalam kegiatan bisnis menuntut setiap kegiatan bisnis untuk memberikan kepuasan kepada konsumenya. Dengan memberikan kepuasan kepada konsumen hal itu akan mempengarui perilaku pembelian dimasa yang akan datang. Anderson, Fornell dan Lehman (1994, p.63) Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :Bagaimana pengaruh kualitas layanan yang dirasakan terhadap kepuasan pelanggan?, Bagaimana pengaruh variasi produk terhadap kepuasan?,Bagaimana pengaruh harga terhadap niat beli ulang?,Bagaimana pengaruh kepuasan terhadap intensitas pembelian?,Bagaimana pengaruh niat beli ulang terhadap intensitas pembelian? Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk menganalisis pengaruh variabel-variabel yang ada dan untuk mengetahui bagiman pengaruhnya terhadap intensitas pembelian. Untuk menjawab pennasalahan dalam penelitian ini maka, teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) yang dioperasikan melalui program AMOS. Analisis data ini dilakukan terhadap 100 responder yang telah melakukan pembelian obat lebih sate kali di apotik di RSUD Genteng di kabupaten Banyuwangi. Dalam penelitian ini terdiri dari lima variabel yaitu; kualitas layanan yang dirasakan, variasi produk, harga, niat beli ulang, dan kepuasan pelanggan Basil anlisis menunjukan bahwa semua hipotesis yang diajukan dapat diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas layanan yang dirasakan dan variasi produk berpengaruh positip terhadap kepuasan pelanggan, variabel harga berpengaruh positip terhadap that beli Wang, variabel kepuasan pelanggan dan that beli Wang berpengaruh positip terhadap intensitas pembelian Wang.Nowadays, the highest competition in Business Activity, request every business activity to give more consumer satisfaction. By giving satisfaction to the consumer will influence the repurchase activity in the fiaure.Anderson, Fornell and Lehman (1994, p.63) The problem in this research is: How the service quality affected to the consumer satisfaction?, How the product variation affected to the satisfaction?, How the price affected to the repurchase activity?, How the satisfaction affected to the purchase intensity?, How the repurchase activity affected to the purchase intensity? While the aim of this research is: To analyze the influence of variables and to know how the variables affected the purchase intensity. To answer the problem on this research, the analyze technique used is Structural Equation Model (SEM) which operate using AMOS program. Data analysis was done over 100 respondents who have already purchased medicine in dispensary at RSUD Genteng Banyuwangi Research models consist five variables: Service quality, Product quality, Price, Repurchase intensity, and Consumer satisfaction. The result showed that all hypothesis tested was not rejected, and I concluded that service quality variable used and product variation have positive impact to consumer satisfaction, price variable positive impact to repurchase activity, consumer satisfaction variable and repurchase intention have positive impact to repurchase intensity.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:9542
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:28 Apr 2010 18:22
Last Modified:28 Apr 2010 18:22

Repository Staff Only: item control page