Motivasi Perawat Melakukan Pendidikan Kesehatan Di Ruang Anggrek RS Tugurejo Semarang

Lasmito, Wening (2009) Motivasi Perawat Melakukan Pendidikan Kesehatan Di Ruang Anggrek RS Tugurejo Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
155Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Januari 2008 ABSTRAK Wening Lasmito Motivasi Perawat Melakukan Pendidikan Kesehatan Di Ruang Anggrek RS Tugurejo Semarang xv + 48 halaman + 2 gambar + 3 tabel + 7 lampiran Latar belakang: sebagai educator perawat sangat berperan dalam pemberian pendidikan kesehatan pada pasien di rumah sakit. Namun pada kenyataannya pelaksanaan dan hasilnya tidak memuaskan. Pemberian pendidikan kesehatan oleh perawat dipengaruhi oleh motivasi. Motivasi sendiri dipengaruhi oleh pemahaman perawat tentang pengertian, manfaat dan hambatan pendidikan kesehatan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui motivasi perawat melakukan pendidikan kesehatan di Ruang Anggrek RS Tugurejo Semarang. Metode: penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis dan melibatkan 6 informan sebagai objek penelitian dan menggunakan teknik sampel bertujuan (purposive sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam (indepth interview). Hasil: penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman perawat tentang pengertian pendidikan kesehatan adalah ilmu pengetahuan yang harus diberikan pada pasien dan keluarga sesuai kebutuhannya. Manfaat pendidikan kesehatan bagi pasien antara lain meningkatkan pengetahuan pasien tentang sakitnya, kemandirian, kenyamanan dan kesembuhan pasien. Manfaat pendidikan kesehatan bagi perawat yaitu kepuasan, lingkungan kerja jadi nyaman, beban kerja berkurang, ilmu terpakai dan nilai moral. Hambatan pemberian pendidikan kesehatan dari pasien yaitu pendidikan rendah, mitos, budaya, kepribadian pasien dan bahasa. Hambatan dari perawat yaitu waktu yang terbatas, terlalu banyak pekerjaan dan pasien, sibuk, malas, tenaga perawat terbatas dan pengetahuan perawat kurang. Kesimpulan: pemahaman perawat tentang pendidikan kesehatan sudah sesuai dengan teori yang ada. Pemahaman tersebut tentang pengertian, manfaat, peran perawat dan hambatan dalam pemberian pendidikan kesehatan. Kata kunci: motivasi perawat, pendidikan kesehatan Daftar Pustaka: 16 (1997-2007)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:9539
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:28 Apr 2010 15:24
Last Modified:28 Apr 2010 15:24

Repository Staff Only: item control page