Surya,, Ade (2002) ANALISIS FAKTOR — FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI SEPEDA MOTOR CINA DI KOTA SURAKARTA. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 2467Kb |
Abstract
Pada dasarnya, tujuan perusahaan dalam mempengaruhi perilaku membeli suatu produk adalah memberikan kepuasan kepada pelanggan dan masyarakat lain dalam pertukarannya untuk mendapatkan keuntungan melalui berbagai keunggulan, misalnya melalui persepsi kualitas. Ini berarti bahwa sebagai suatu rencana yang diutamakan untuk mencapai tujuan tersebut, hams berdasarkan kebutuhan dan keinginan pelanggannya. Oleh karena itu, persepsi kualitas oleh pelanggan yang baik dan positif sangatlah diperlukan dalam memenangkan strategi bersaing bisnis dimasa yang aim datang. Tujuan dan kegunaan penelitian ini adalah untuk menganalisis fa1ctor-falctor yang mempengaruhi persepsi kualitas terhadap keputusan membeli sepeda motor Cina di Kota Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli sepeda motor Cina di Kota Surakarta. Data diperoleh melalui kuesioner sedangkan pelanggan yang memberikan jawaban untuk penelitian ini berjumlah 115 orang. Data analisis menggunakan Structural Equation Model (SEM). Secara keselumhan model penelitian dalam analisis Full Structural Equation Model menunjukkan hasil yang baik, seperti goodness of fit indices (0,830) dengan tingkat probability 0,058 dan beberapa justifikasi lain yang menunjukkan nilai baik, yaitu Chi - Square = 258,281 ; Cmin / DF = 1,153 ; AGFI = 0,791 ; TLI = 0,985 ; CFI = 0,987 dan RMSEA = 0,037. Hasil analisis mendukung 4 hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, yaitu promosi memiliki pengaruh terhadap persepsi kualitas, harga memiliki pengaruh terhadap persepsi kualitas, distribusi memiliki pengaruh terhadap persepsi kualitas dan persepsi kualitas memiliki pengaruh terhadap keputusan membeli sepeda motor Cina.Basically, the purpose of the firm impacting the purchasing behavior of product are giving a satisfaction to customer and another people in bartering to get some advantage, example; via perception of quality. It means that as a main planning to get the purpose, it must be based on what customer needs and what customer wants. However, a good and a positive perception of quality by customer are needed to win a strategy of business competitive in the future. The objective of this research is to analyze factors of impact of perception of quality on the purchasing decision of Cina motorcycle in Surakarta City. Population for this research is customer (as the buyers ) of Cina motorcycle in Surakarta City. The data were collected via questionnaire. The sum total of 115 customers responded to this research. On the whole, research model in hill Structural Equation Model analysis shows good result, such as goodness of fit index (0,830) whit probability degree 0,058 and another justification that shows good value, there are Chi-Square = 258,281 ; Cmin / DF = 1,153 ; AGFI = 0,791 ; TLI = 0,985 ; CFI = 0,987 and RMSEA = 0,037. The result of the analysis support the four hypothesis proposed in this research, there are promotion impact perception of quality, price impact perception of quality, distribution impact perception of quality and perception of quality impact purchasing decision of Cina motorcycle.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 9455 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 1 |
Deposited On: | 28 Apr 2010 08:16 |
Last Modified: | 28 Apr 2010 08:16 |
Repository Staff Only: item control page