Wibowo, Kartono (1998) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BETON SIAP PAKAI PT VARIA USAHA BETON CABANG SEMARANG. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 2692Kb |
Abstract
Analysis about the factors that influential about the lower selling of Readymix Concrete, to get some information about companies prospect and the best Marketing Strategy on PT. Varia Usaha Beton branch of Semarang. Generally developing of construction bisnis in Indonesia and especially in Semarang give a good opportunity to the construction company, there is PT. Varia Usaha Beton. This company move in the concrete parts, and centered at East Java To see the development readymix concrete in Semarang is enough better, so on November 1994 opened a new branch office of PT. Varia Usaha Beton in Semarang. First operation of PT. Varia Usaha Beton in Semarang have been fluctuated sold until reach the target of company obey. Since October 1996 until July 1997, the result of sold going down until under target of company. This condition caused the problem that must be solved, there is a Company prospect clearly yet. b. There are factors caused the lower selling. c. Marketing Strategic is not well. With SWOT analysis have been knew that PT. Varia Usaha Beton branch of Semarang at the safety induslry position and speculative. So, the prospect of company is enough better. From the regression analysis have been done, price factor, distribution, promotion caused the selling. The result of selling could be knew that the Marketing Strategic have been done effect yet. That is why still need a Strategic Formulation more suitable. Depend with the analysis have been done, so the formulation alternative strategic that recommended to increase the selling of readymix concrete from PT. Varia Usaha Beton of Semarang are: 1. Product Strategic have been done with created a high quality of ready -to--use concrete, with a low price. 2. Prices Strategic have been done with an interested prices, and with an easy payment. 3. Distribution Strategic need to ascent in order can fulled an order suitable with the volume and time who asked by consumer. 4. Promotion Strategic, the important thing is to ascent the insinsity and the efectivity of consumer directly. ABSTRAK : Suatu analisis tentang faktor-faktor yang mempengaruhi penurunan penjualan Beton Siap Pakai, untuk mendapatkan informasi tentang prospek perusahaan dan Strategi Pemasaran yang lebih baik pada PT.Varia Usaha Beton Cabang Semarang. Perkembangan bisnis konstruksi di Indonesia pada umumya, dan di Semarang pada khususnya memberikan peluang yang sangat baik bagi perusahaan- perusahaan di bidang konstruksi, antara lain PT.Varia Usaha Beton. Perusahaan ini bergerak pada bidang beton, dan berpusat di Jawa Timur. Melihat perkembangan pasar beton slap pakai di Semarang yang cukup baik, maka pada bulan November 1994 dibuka cabang PT.Varia Usaha Beton di Semarang. Pada awal operasinya PT.Varia Usaha Beton cabang Semarang mengalami tingkat penjualan yang berfluktuasi hingga dapat mencapai target yang ditentukan perusahaan. Sejak bulan Oktober 1996 hingga bulan Juli 1997, tingkat penjualan yang dihasilkan menurun terus hingga dibawah target. Kondisi ini menyebabkan timbulnya masalah-masalah yang perlu diteliti, antara lain: a. Prospek perusahaan belum jelas. b. Adanya faktor-faktor penyebab turunnya penjualan c. Strategi pemasaran yang kurang baik Dengan analisis-SWOT, telah dapat diketahui bahwa PT.Varia Usaha Beton cabang Semarang berada pada posisi industri aman dan spakulatif, sehingga prospek perusahaan masih cukup baik. Dan i analisis regresi yang dilakukan, faktor harga, distribusi, dan promosi mempengeruhi penjualan. Dari hasil penjualan dapat diketahui bahwa Strategi pemasaran yang dijalankan perusahaan belum berhasil baik. Karena itu perlu disusun formulasi strategi yang lebih sesuai. Berdasarkan hash l analisis yang telah dilaksanakan tersebut, maka alternatif formulasi strategi yang direkomen- dasikan guna peningkatan penjualan beton slap pakai dari PT.Varia Usaha Beton cabang Semarang adalah sebagai berikut: 1. Strategi produk dilakukan dengan menciptakan produk beton siap pakai yang berkualitas bagus, dengan harga yang relatif lebih murah. 2. Strategi harga dilakukan dengan menentukan harga yang menarik, dengan syarat pembayaran yang mudah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 9446 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 27 Apr 2010 21:00 |
Last Modified: | 27 Apr 2010 21:00 |
Repository Staff Only: item control page