Prawoto, Heru (1998) ANALISIS PERILAKU PETERNAK SEBAGAI DASAR PENENTUAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN PAKAN TERNAK PADA PT. CENTRAL PROTEINA PRIMA SEMARANG. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 2810Kb |
Abstract
The object of the research studies is consumer behavior at speciality consumer that take care the poultry of egg and poultry of meat. That location in Kodya Semarang, Kab. Semarang, Kendal and Kodya Salatiga area. The problem have being had that by manufacture that happened decreased growth of sales, expected sales have been expected lower than target (20 %). The goal of research is determined variable that support at purchase of the paultry product and determined the exactly to manufacture, so the target is achieved. The variables of the research that are beliefs of consumer, evaluated beliefs of consumer, attitude to behavior, normatif of consumer, subjective norm of consumer and intention to purchase the product of poultry PT. Central Proteina Prima Semarang. The observation was been done to be get a lot of believed atributes, referen atributes and product atributes influence breeder purchase the feed of poultry PT. Central Proteina Prima Semarang that are give good profitabilitas, increase growth, decrease death, not added purchase medicine, not to effect poison, good packing, low price, guarantee quality, a good service and inventory in agent. The other hand, referen atributes that are family, neighbour, technical service, other breeder and docter of animal. Research metode have taken sample on proportion rondom sampling, analysis tool help to solve the problem used factor analysis. Software used to solve to help accelarate account is SPSS for Windows. The result of research can be implied as belief of breeder of meat that need to be intentioned are atribute of guarantee quality, growth, revenue, decreased death, service, inventory in agent and not to purchase medicine. The other hand, belief atributes of breeder of egg that need to be intetioned as not poison, not to purchase medicine, service, inventory in agent, quality, price, decreased death and revenue. Referen atributes of breeder of egg or meat influenced all to purchase livestock product PT. Central Proteina Prima Semarang. Product atributes of breeder of meat that influence as safety, durable, packing and quality, the other hand, product atributes of egg that influence as safety, durable, packing and to have easly and quality. To achieve sales target, so effort should be done by manufacture that implement marketing mix especialy direct sales, the other hand, need to studdy belief atributes, and referen atributes and product atributes. ABSTRAK : Perilaku petemak pada khususnya peternak ayam petelur dan pedaging di kawasan Kodya Semarang, Kabupaten Semarang, Kendal dan Kodya Salatiga yang menjadi pelanggan maupun tidak pelanggan produk PT. Central Proteina Prima Semarang Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan tersebut adalah terjadinya penurunan pertumbuhan penjualan, target penjualan yang diharapkan masih dibawah target (20 %). Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan variabel yang mendukung dalam pembelian pakan temak dan menentukan strategi yang tepat bagi perusahaan, sehingga target penjualan yang diharapkan dapat tercapai. Variabel-variabel dalam penelitian ini antara lain : variabel keyakinan konsumen, evaluasi atribut keyakinan konsumen, sikap terhadap perilaku, keyakinan normatif konsumen, motivasi konsumen, norma subyektif konsumen dan minat berperilaku dalam pembelian pakan ternak produk PT. Central Proteina Prima Semarang. Dan pengamatan yang dilakukan terdapat beberapa atribut yang diyakini, atribut referen dan atribut produk yang mempengaruhi petemak dalam pembelian pakan temak produk PT. Central Proteini Prima antara lain : memberikan hasil/profit yang baik, meningkatkan pertumbuhan, menekan kematian, tidak mengeluarkan biaya tambahan untuk beli obat, tidak mengakibatkan keracunan, kemasan yang kuat/tidak bocor, harga relatif murah, terjamin mutunya, pelayanan yang baik„ dan ketersediaan di agen dengan kualitas yang baik. Sedangkan untuk kelompok referen antara lain : kerabat dekat, tetangga, technical service/salesman, pembeli produk, dan dokter hewan. CMetode penelitian dengan mengambil sampel secara proportion rondom sampling, alat analisis guna membantu memecahlcan pennasalahan dengan menggunakan validitas dan reliabilitas dan analisis faktor. Perangkat lunak yang digunakan untuk membantu mempercepat perhitungan adalah dengan SPSS for windows. Basil pembahssan penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : Keyakinan pada petemak ayam pedaging yang perlu diperhatikan adalah atribut tentang menjamin kualitas, pertumbuhan yang tinggi, penghasilan yang tinggi, menekan kematian, pelayanan, ketersediaan di agen dan tidak mengeluarkan biaya tambahan. Sedangkan atribut keyakinan pada ayam petelur yang perlu diperhatikan adalah tidak beracun, tidak mengeluarkan biaya tambahan, pelayanan, ketersediaan di agen, kualitas, harga, menekan kematian dan penghasilan. Atribut referen pada ayam pedaging dan petelur seen keseluruhan berpengaruh terhadap pembelian pakan temak produk PT. Central Proteina Prima Semarang.Atribut produk pada ayam petelur yang berpengaruh adalah keamanan, keawetan, kemasan dan kualitas; sedangkan untuk petemak ayam petelur adalah keamanan, keawetan, kemasan, kemudahan memperoleh dan kualitas Untuk mencapai target penjualan, maka usaha yang sebaiknya dilakukan oleh perusahan adalah melakukan bauran promosi khususnya penjualan seen langsung. Disamping itu, perlu mempertimbangkan atribut keyakinan, atribut referen dan atribut produk yang berpengaruh dalam pembelian pakan ternak
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 9422 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 27 Apr 2010 19:40 |
Last Modified: | 27 Apr 2010 19:40 |
Repository Staff Only: item control page