ANALISIS PENGARUH LOYALITAS PELANGGAN DAN PERSEPSI PELANGGAN TERHADAP PERILAKU MEMBELI SEPEDA MOTOR JEPANG DI KOTA SEMARANG

Suryawardana, Edy (2001) ANALISIS PENGARUH LOYALITAS PELANGGAN DAN PERSEPSI PELANGGAN TERHADAP PERILAKU MEMBELI SEPEDA MOTOR JEPANG DI KOTA SEMARANG. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
3088Kb

Abstract

Pada dasamya, tujuan pentsahaan dalam mempengaruhi perilaku membeli suatu produk adalah memberikan kepuasan kepada pelanggan dan masyarakat lain dalam pertukarannya tmtuk mendapatkan ketmtangan melalui keunggulan merek. Ini berarti bahwa sebagai suatu rencana yang diutamakan untuk mencapai tujuan tersebut, hams berdasarkan kebutuhan dan keinginan pelanggannya.Oleh karena itu, loyalitas pelanggan dan persepsi pelanggan yang baik dan positif sangatlah diperlukan dalam memenangkan strategi bersaing bisnis dimasa yang akan datang. Tujuan dan kegunaan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh loyalitas pelanggan dan persepsi pelanggan terhadap perilaku membeli sepeda motor Jepang di Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan (pembeli sekaligus pemakai) sepeda motor Jepang di Kota Semarang. Data diperoleh melalui kuesioner sedangkan pelanggan yang memberikan jawaban untuk penelitian ini berjumlah 150 orang. Data analisis menggunakan Structural Equation Model (SEM). Secara keseluruhan model penelitian dalam analisis Full Structural Equation Model menunjukkan hasil yang baik, seperti goodness of fit indices (0,893) dengan tingkat probability 0,054 dan beberapa justifikasi lain yang menunjuldcan nilai baik, yaitu Chi - Square = 203,944 ; Cmin / DF = 1,179 ; AGFI = 0,857 ; TLI = 0,982 ; CFI = 0,985 dan RMSEA = 0,035. Hasil analisis mendukung 6 hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, yaitu harga memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan, kualitas layanan memiliki pengartili terhadap loyalitas pelanggan, nilai yang dirasakan memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan, merek memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan, loyalitas pelanggan memiliki pengaruh terhadap perilaku membeli sepeda motor Jepang dan persepsi pelanggan memiliki pengaruh terhadap perilaku membeli sepeda motor Jepang.Basically, the purpose of the firm impacting the purchasing behavior of product are giving a satisfaction to customer and another people in bartering to get some advantage via brand advantage. It means that as a main planning to get the purpose, it must be based on what customer needs and what customer wants. However, a good loyalty and a positive perception of customer are needed to win a strategy of business competitive in the future. The objective of this research is to analyze the impact of customer loyalty and customer perception on the purchasing behavior of Japan motorcycle in Semarang City. Population for this research is customer (as the buyers and as the bikers) of Japang motorcycle in Semarang City. The data were collected via questionnaire. The sum total of 150 customers responded to this research. On the whole, research model in full Structural Equation Model analysis shows good result, such as goodness of fit index (0,893) whit probability degree 0,054 and another justification that shows good value, there are Chi-Square = 203,944 ; Cann / DF = 1,179 ; AGFI = 0,857 ; TLI = 0,982 ; CFI = 0,985 and RMSEA = 0,035. The result of the analysis support the six hypothesis proposed in this research, there are price impact customer loyalty, service quality impact customer loyalty, perceived value customer loyalty, brand customer loyalty, customer loyalty impact purchasing behavior of Japan motorcycle and customer perception impact purchasing behavior of Japan motorcycle.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:9411
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:27 Apr 2010 18:59
Last Modified:27 Apr 2010 18:59

Repository Staff Only: item control page