ANALISIS PENGARUH ALIANSI PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN PERSEPSI KUALITAS DAN EKUITAS MEREK UNTUK MEMPERKUAT DAYA TARIK JASA Sebuah studi terapan pada P.T. Ekspedisi Muatan Kapal Laut Garbantara Citra Nusantara dan P.T. Perusahaan Pelayaran Gesuri Lloyd Cabang Semarang

Kusumahadi, Hanny (2001) ANALISIS PENGARUH ALIANSI PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN PERSEPSI KUALITAS DAN EKUITAS MEREK UNTUK MEMPERKUAT DAYA TARIK JASA Sebuah studi terapan pada P.T. Ekspedisi Muatan Kapal Laut Garbantara Citra Nusantara dan P.T. Perusahaan Pelayaran Gesuri Lloyd Cabang Semarang. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
3048Kb

Abstract

Banyak perusahaan pada umumnya juga menyadari bahwa mereka membutuhkan partnership dengan cara beraliansi agar bisa menjadi lebih efektif. Aliansi pemasaran merupakan salah saw bentuk strategi aliansi yang diterapkan oleh sesuatu perusahaan dengan tujuan untuk menciptakan tujuan suatu daya tank tersendiri. Bagi banyak perusahaan ekuitas merek dan persepsi kualitas pelayanan merupakan aset terpenting sebagai alai strategi bersaing dan sumber pendapatan di masa mendatang. Pada penelitian ini telah dilakukan analisis untuk mengetahui pengaruh equitas merek dan persepsi kualitas pelayanan terhadap peningkatan daya tank jasa yang ditimbulkan sebagai akibat dari penerapan Aliansi Pemasaran. Secara keseluruhan model penelitian dalam analisis Full Structural Equation Model menunjukkan hasil yang baik dengan menggunakan Goodness of Fit Index yaitu (GFI), AGFI (Adjusted Goodness of Fit Index), CFI (Comparative Fit Index), RMSEA (Root Mean Square Error of Approximation), TLI (Tucker Lewis Index) dan CR (Critical Ratio). Hasil analisis mendukung empat hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, yaitu aliansi pemasaran memiliki pengaruh terhadap ekuitas merek , aliansi pemasaran memiliki pengaruh terhadap persepsi kualitas pelayanan, ekuitas merek memiliki pengaruh terhadap daya tank jasa, persepsi kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap daya tank jasa.Companies are also discovering that they need partnership through strategic alliance to be more effective. Strategic Alliances take the form of marketing alliances to be implemented with the purpose of creating an attractiveness. For many companies, brand equity and perceived quality is the most important asset for competitive strategy and income service in the future time. This research has been analized to know the effect of brand equity and perceived quality to amplify a service attractiveness which had been done through marketing alliance implementation. On the whole, research model in full structural equation model analysis shows good result, such as Goodness of Fit Index ( GFI ), Adjusted Goodness of FIT Index ( AGFI ), CFI ( Comparative Fit Index ), RMSEA ( Root Mean Square Error of Approximation ), TLI ( Tucker Lewis Index ) and CRL ( Critical Ratio ). The result of the analysis support four hypotheses proposed in this research, they are : marketing alliance impact on brand equity, marketing alliance impacts on perceived quality, brand equity impacts on service attractiveness, perceived quality impacts on service attractiveness.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:9409
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:27 Apr 2010 18:50
Last Modified:27 Apr 2010 18:50

Repository Staff Only: item control page