ANALISIS HUBUNGAN KAUSALITAS PADA PERSEPSI NILAI DAN PERANANNYA PADA KEINGINAN MEMBELI (Studi Pada Produk Telepon Seluler di Semarang)

Budy, Ir. Attas (2001) ANALISIS HUBUNGAN KAUSALITAS PADA PERSEPSI NILAI DAN PERANANNYA PADA KEINGINAN MEMBELI (Studi Pada Produk Telepon Seluler di Semarang). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2065Kb

Abstract

Manajemen Customer Value adalah pengembangan dari pengukuran customer service dimana harga dan produk menjadi komponen utama dari nilai (Daniels, 2000). Manajemen nilai pelanggan mengukur tidak saja persepsi pelanggan akan tetapi juga mengukur persepsi pelanggan pesaing. Nilai pelanggan menjadi sedemikian pentingnya dalam iklim yang sangat kompetitif saat ini mengingat bahwa sebenarnya yang dibeli oleh pelanggan adalah nilai, Gale (1994). Oleh karena itu hanya produk yang menghantarkan nilai tertinggilah yang akan dipilih oleh pembeli. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan kausalitas pada customer value dengan memfokuskan analisa pada pengaruh reputasi dan disain produk terhadap persepsi kualitas dan nilai pelanggan. Dengan mengambil sampel secara aksidental dari para pemilik ponsel, selanjutnya data yang diperoleh diolah dengan menggunakan SEM sebagai metode penelitian dalam tesis ini. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa hubungan-hubungan antar variabel reputasi, disain produk, persepsi harga, persepsi kualitas, persepsi pengorbanan, persepsi nilai dan keinginan membeli dapat diterima yang ditunjukkan oleh indeks goodness of fit dari model penelitian sebesar : Chi Square = 227,623, Probability = 0,08, GFI = 0,846, AGFI = 0,804, TLI = 0,986, CFI = 0,988, CMIN/DF = 1,144, RMSEA = 0,036. Penelitian ini menyimpulkan bahwa reputasi, disain produk dan persepsi harga mempengaruhi pelanggan dalam menilai kualitas. Demikian pula persepsi pelanggan atas kualitas akan mempengaruhi persepsi nilai yang akan memicu keinginan membeli.Customer Value Management (CVM) is an enhanced form of customer satisfaction measurement — one that recognise the fact that the price paid for ggods and services is a key component of value (Daniels, 2000). CVM measure not only perception of our customer but also perception of competitor's customer. Customer Value become more important in todays competitive market, caused customer actually buys on value Gale (1994). Buyer will only buy products that give superior value. The objective of the research is to analise causal relationship of customer value that focused on the effect of reputation, product form and perceived quality and customer value. The data compiled from the owner of handphone which was sampled accidentally, then processed using SEM as research metodology. Result show that the causal relationship model of the perception of value, product form, perception of price, perception of quality, perception of sacrifice, perception of value and willingness to buy had goodness of fit indexes which value of Chi Square = 227,623, Probability = 0,08, GFI = 0,846, AGFI = 0,804, TLI = 0,986, CFI = 0,988, CMIN/DF = 1,144, RMSEA = 0,036. The result indicate that reputation, product form and perception of price had a positive effect on perceived quality. And also perception of quality positively influenced perception of value and willingness to buy.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:9406
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:27 Apr 2010 18:27
Last Modified:27 Apr 2010 18:27

Repository Staff Only: item control page