STRATEGI PEMASARAN PRODUK SIMPANAN DANA MASYARAKAT PT BANK DAGANG NEGARA (PERSERO) UNTUK MENGANTISIPASI PERSAINGAN PASAR INDUSTRI PERBANKAN

SUPANGKAT , SUPANGKAT (1997) STRATEGI PEMASARAN PRODUK SIMPANAN DANA MASYARAKAT PT BANK DAGANG NEGARA (PERSERO) UNTUK MENGANTISIPASI PERSAINGAN PASAR INDUSTRI PERBANKAN. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2659Kb

Abstract

Since the Goverment policies on Banking sector had been established in 1983 and 1988, banking industry in Indonesia had developed fastly. As a result sharper competation has been faced by banks, included PT Bank Dagang Negara (Persero). Eventhough this bank succesfully increased funds raised from the public but the market share decreased. In order to increase its market share, PT Bank Dagang Negara (Persero) should search both the external and internal factors which are keys success factors. This thesis tries to solve a main problem of PT Bank Dagang Negara (Persero) that is, decreasing of funds raised from the public market share, by formulating the best strategy. Or in other word the research objective is to formulate marketing strategy that can be implemented at PT Bank Dagang Negara (Persero) in order to increase the market share. Two kinds of analysis are used in this thesis i.e. SWOT and Regression Analysis. The result of SWOT analysis is suggested that aggresive strategy as the best strategy should be implemented by PT Bank Dagang Negara (Persero) . This is because of two sides position that owned by PT Bank Dagang Negera (Persero). Within External environment PT Bank Dagang Negara (Persero) is on business speculative position, becaUse it has both high opportunity and high threat, while within internal environment the bank is identified as in favourable position. Regression analysis output shows that promotion variable is the most elastic among other variables, such as distribution and price variables. Unfortunately, the bank have not yet taken care of it intensivelly, they have been stressing on distribution variable more than promotion. SWOT and regression analysis results four strategy which can be implemented by PT Bank Dagang Negara (Persero) those are ; private and retail banking, direct marketing, intensive distribution and pricing bank service strategy. In order to support those strategies the bank have to provide human resources who have high skill covering all banking aspects, besides adopting technology development. Sejak dikeluarkannya kebijaksanaan pemerintah dalam bidang perbankan tahun 1983 dan 1988, industri perbankan di Indonesia berkembang secara pesat. Akibatnya adalah semakin ketatnya persaingan yang dihadapi oleh perbankan nasional termasuk P.T. Bank Dagang Negara (Persero). Meskipun PT Bank Dagang Negara (Persero) mampu meningkatkan pemupukan dana masyarakat namun ternyata pangsa pasarnya justru menurun. Menghadapi keadaan semacam ini PT Bank Dagang Negara (Persero) harus melakukan kajian atas faktor-faktor eksternal yang mengelilingi bisnisnya dan faktor-faktor internal yang dimilikinya dengan tujuan untuk dapat menetapkan strategi yang paling cocok. Tesis ini mengangkat permasalahan yang dihadapi oleh PT Bank Dagang Negara (Persero) dengan mengambil kajian bidang pemasaran dengan pokok masalah menurunnya pangsa pasar penghimpunan dana masyarakat yang dikuasai. Atas dasar hasil analisis faktor-faktor eksternal dan internal yang dapat disimpulkan diharapkan dapat memformulasikan strategi terbaik yang dapat digunakan untuk mengatasi penurunan pangsa pasar tersebut. Analisis yang digunakan adalah analisis SWOT dan regresi. Dengan analisis SWOT dapat diidentifikasi bahwa PT Bank Dagang Negara (Persero) dalam lingkungan eksternal yang mempunyai peluang dan ancaman besar sehingga dikategorikan dalam lingkungan usaha spekulatif. Sedangkan kondisi lingkungan internal berada dalam posisi persaingan favourable_ Dengan menggabungkan hasil analisis faktor eksternal dan internal disarankan strategi yang paling cocok bagi PT Bank Dagang Negara (Persero) adalah strategi agresif. Untuk mengetahui efektifitas bauran pemasaran yang digunakan oleh PT Bank Dagang Negara (Persero) digunakan analisis regresi. Basil analisis ini menunjukkan bahwa angka elastisitas variabel promosi adalah tertinggi dibandingkan dengan angka elastisitas variabel distribusi dan harga. Selama ini PT Bank Dagang Negara (Persero) belum menyadari keadaan ini. PT Bank Dagang Negara (Persero) justru lebih menekankan perhatiannya pada variabel distribusi dan harga sedangkan variabel promosi belum ditangani secara intensif dan terencana. Apabila hasil analisis SWOT diselaraskan dengan analisis regresi makes alternatif penerapan strateginya adalah strategi private banking dan retail banking, direct marketing strategy, strategi distribusi intensif dan pricing bank service strategy. Untuk mendukung terlaksananya strategi tersebut diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas dengan penguasaan materi perbankan untuk semua aspek dilengkapi dengan sarana penunjang dengan memanfaatkan kemajuan teknologi

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:9402
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:27 Apr 2010 18:52
Last Modified:27 Apr 2010 18:52

Repository Staff Only: item control page