ANALISIS ATRIBUT PRODUK YANG MEMPENGARUIII SIKAP DAN NIAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus Konsumen Kijang Krista di PT. New Ratna Motor Semarang)

Winoto , Andyanto (2001) ANALISIS ATRIBUT PRODUK YANG MEMPENGARUIII SIKAP DAN NIAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus Konsumen Kijang Krista di PT. New Ratna Motor Semarang). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2148Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis atribut produk yang mempengaruhi sikap dan niat beli konsumen. Penelitian ini berupa studi kasus di PT. New Ratna Motor Semarang sebagai dealer Utama di Jawa Tengah. Pengolahan data basil penelitian ini menggunakan analisis SEM (Structural Equation Model) melalui program SPSS dan AMOS. Pennasalahan yang diangkat dari penelitian ini adanya penurunan penjualan Toyota Kijang Krista dari tahun 1997 sampai dengan 2000. Di lain pihak selain tipe Krista justru mengalami peningkatan permintaan konsumen. Atribut-atribut produk yang melekat sangat mempengamhi sikap dan that beli konsumen. Selanjutnya inti masalah dalam penelitian ini apakah atribut produk itu mempengaruhi sikap dan niat beli konsumen. Dalam model yang dianalisis terdapat 3 hipotesis yang hams dianalisis berdasarkan ethical value dan regression weight dengan berusaha menolak hipotesis nol dan untuk menerima hipotesis altematif. Penganalisaan terhadap data penelitian dilakukan sebagai upaya untuk mencari jawaban dari research problem tersebut tidak memperlihatkan adanya kesesuaian dengan model setelah dilakukan suatu treatment khusus, maka hipotesis-hipotesis tersebut tidak dapat diterima. Penelitian ini berdasarkan garis besar yang ditujukan untuk membuktikan pengaruh dari atribut terhadap sikap dan niat beli konstunen. Berdasarkan penelitian ini temyata atribut produk sangat mempengaruhi sikap dan niat beli. konsumen. Jadi sebagai implementasi manajerial PT. New Ratna Motor Semarang hams dapat menganalisa apakah atribut produknya dapat diterima oleh konsumen sehingga dapat menimbulkan sikap positif dan niat beli konsumen. Infonnasi yang transparan tentang produk yang ditawarkan sangat diperlukan oleh konsumen, produk yang ditawarkan setidaknya hams memiliki nilai tambah dalam gaya hidup seseorang dan persepsi konsumen yang baik tentang produk yang ditawarkan. Melakukan promosi lebih gencar di lain pihak melatih dan mengembangkan para pemasar untuk lebih rneyakinkan konsumen dalam menimbulkan niat beli khususnya Toyota Kijang Krista.The purpose of this researh is to analyze a product attribute, which influence customer's attitude and intention of buying. This research is case study in PT. New Ratna Motor Semarang as a main dealer in Central Java. Data processing in this research is using SEM (Structural Equation Model) analyzing by SPSS and AMOS Program. The problem that discussed in this research is the decline in Toyota Kijang Krista selling from 1997 until 2000. In other sides of Krista Type, the customer's order of Toyota is precisely increasing. Product attribute extremely influence to attitude and intention of buying Furthermore, heart of the matter in this research is whether the product attribute can influence customer's attitude and intention of buying. In the analyzed model, there are 3 hypothesis that should be analyzed according to Critical value and regression weight with trying to avoid zero hypotheses and to receive alternative hypothesis. Analyzing of data research is carried out to find out the answer and the research problem have not showed a compatibility with the model after an executing of a certain treatment, so that the hypothesis can not be accepted. This research is based on broad outline, which purpose to show an influence of the attribute to consumer's attitude and intention of buying. According to this research, product attribute can extremely influence consumer's attitude and intention of buying. As a managerial implementation, PT. New Ratna Motor Semarang should be able to analyze whether its product attribution can be accepted by consumers in order to make positive attitude and consumer's intention of buying. A transparent information about their product is extremely needed by consumers. At least their products have more value in someone's life style and good perception about their products. Conducting an increasingly promotion in other side can train and improve skill of traders to convince consumers in incresing intention of buying especially for Toyota Kijang Krista.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:9401
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:27 Apr 2010 18:09
Last Modified:27 Apr 2010 18:09

Repository Staff Only: item control page