ANALISIS FAKTOR — FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PEMILIHAN MEREK DAN PEMBELIAN SABUN DETERGEN DI KODYA SEMARANG

STYARINI, ERYS (2001) ANALISIS FAKTOR — FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PEMILIHAN MEREK DAN PEMBELIAN SABUN DETERGEN DI KODYA SEMARANG. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2768Kb

Abstract

Pada penelitian terdahulu telah dilakukan penelitian mengenai faktor-faictor yang mempengaruhi konsumen dalam pemilihan merek dan pembelian, dimana didalam memilih merek dan memutuskan pembelian, konsumen menggunakan informasi pemasaran seperti promosi dan harga, tingkat sosial ekonomi dalam pemilihan merek dan pembelian. Penelitian terhadap pemilihan merek kebanyakan dilakukan terhadap fakbx-falctor yang mempengaruhinya yaitu promosi, harga, tingkat sosial ekonomi tanpa menghubungkannya dengan pembelian. Padahal faktor-faktor tersebut juga mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian. Dan pemilihan merek sendiri juga mempengaruhi pembelian dimana perilaku konsumen mencakup tiga keputusan yaitu keputusan mengenai pembelian, keputusan mengenai pemilihan merek dan keputusan mengenai waktu pembelian (Bucklin, Gupta & Siddarth, 1998). Berclasarkan latar belakang penelitian, maka dikembangkanlah research gap yang dijadikan permasalahan dalam penelitian. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : bagaimana pengaruh promosi, harga dan tingkat sosial ekonomi terhadap pemilihan merek dan pembelian ? Untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini, maka dikembangkanlah model penelitian yang terdiri dad lima dimensi yaitu dimensi promosi, dimensi harga, dimensi tingkat sosial ekonomi, dimensi pemilihan merek dan dimensi pembelian dengan tujuh hipotesis yang akan diuji. Analisis data terhadap 100 responden yang mengunjungi supermarket-supermarket yang ada di Kodya Semarang dilakukan dengan alat analisis Structural Equation Modeling (SEM) pada program AMOS 4.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa semua hipotesis yang diajukan dapat diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel promosi dan variabel tingkat sosial ekonomi memiliki pengaruh positif terhadap pemilihan merek, sedangkan variabel harga memiliki pengaruh negatif terhadap pemilihan merek dan pembelian. Variabel pemilihan merek memiliki pengaruh positif terhadap pembelian. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pemilihan merek dan pembelian adalah promosi, harga dan tingkat sosial ekonomi. Penelitian ini juga menghubungkan hasil penelitian dengan implikasi teoritis dan implikasi kebijakan bagi manajemen yang diuraikan pada bagian kesimpilan. Keterbatasan penelitian dan agenda penelitian mendatang dapat dijadikan acuan bagi para peneliti selanjutnya.The study about the factors which influence consumens on brand choice and purchased have been done in the prior researches. Consumens use marketing information like promotion, price, social economics strate on brand choice and purchased. The most study on brand choice have been done through the factors which influence : promotion, price and social economics strate without connecting it with purchased, while the factors had also influence consumen in purchased decision. And the brand choice also influence purchased where consumer behavior consist of three decision : purchased, brand choice and time occasion (Bucklin, Gupta & Siddarth, 1998). Based on research background, the research gap is developed to be an issue on this study. That is : how the promotion, price and social economics strate influence brand choice and purchased. To answer the question on this study, a research model is developed. The model has five dimension : promotion, price, social economics strate, brand choice and purchased with seven hypothesis will be tested. Data analysis to 100 respondent who visit the supermarket in Kodya Semarang is done using Structural Equation Modeling as analysis tool on Amos 4.0 program. Result of data analysis showed that all hypothesis can be received. Thus, it can be conduded that promotion and social economics strate have positive effect on brand choice and purchased. Price has negative effect on brand choice and purchased. Thus, the factors which influence consumens on brand choice and purchased are promotion, price and social economics strate. This study also relates the result to theoritical implication and policy implication for management described in the condusion section. The limitation and agenda for the further study can be used as reference by further researchers.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:9398
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:27 Apr 2010 17:43
Last Modified:27 Apr 2010 17:43

Repository Staff Only: item control page