RUSLI, RUSLI (2001) ANALISIS PENGARUH DIMENSI KUALITAS TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PADA INDUSTRI MEBEL JEPARA. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 2138Kb |
Abstract
Dalam era perdagangan bebas, perusahaan akan dihadapi persaingan yang ketat dalam memperebutkan konsumen. Hal utama tidak hanya berlaku pada pasar internasional tetapi juga berlaku pada pasar lokal. Dalam pasar global, kualitas berperan sebagai faktor yang menentukan untuk menuntun konsumen dalam membeli sesuatu. Kualitas produk dan pelayanan yang superior dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Lebih jauh, kepuasan konsumen akan berdampak pada pembelian ulang terhadap produk yang dihasilkan perusahaan. Kondisi ini akan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan Penelitian ini dirancang untuk menguji pengaruh dimensi kualitas (kepuasan konsumen, kepuasan karyawan, kualitas pelayanan karyawan dan kualitas industri) terhadap kinerja perusahaan baik secara parsial maupun secara simultan. Obyek penelitian adalah industri mebel di Jepara, Jawa Tengah. Untuk menyeleksi 179 sampel perusahaan eksportir mebel digunakan metode purposive sampling. Masing-masing perusahaan diwakili oleh seorang middle manager dan tiga orang karyawan. Instrumen pengukuran yang digunakan untuk mengukur variabel kualitas dan kinerja perusahaan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Skala pengukuran penelitian ini menggunakan skala konvensional (1 sampai 10). Data penelitian juga telah terbebas dari penyakit multikolinearitas dan heterokedastisitas ketnudian dianalisis dengan menggunakan teknik estimasi regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kualitas secara individual berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan Koefisien determinasi (R2) estimasi regresi sebesar 0,652. Akhirnya, Keterbatasan penelitian ini adalah data yang digunakan merupakan data persepsi. Keakuratan data ini sangat dipengaruhi oleh kondisi subyektif responden pada saat mengisi kusioner.UnderI free-trade situation, firms will face tight competition to find consumers. This is not Only valid to the international market but also required by the local market. In the global market, quality plays as the determinant factor to guide consumers to buy something. The quality of product and superior services could enhance the consumer's satisfaction. Further, satisfaction will brough consumer to do re-buying for the product produced by this firms. The such condition may able to influence the performance of the firms. The study is designed to test the influence of quality dimensions (satisfaction of consumers and producers, quality of the service provided by the employee and quality of the industry) towards the performance of the firm, partially and simutaneously. The object of the study is furniture industry in Jepara, Central Java. The purposive sampling was used to select 179 samples of the export furniture firm. Middle manager and three employee were represent each firm. The instruments used to measure quality and performance variables have been checked for its realiability and validity. Convensional scale (1 to 10) has been employeed as the unit measurement in this study. The data were assured free from multicollinearity and heterocedashcity, then is analyzed by using multiple regression estimation technique The results showed that quality dimension could influence partially and simultaneuslif significat to the firm performance. The coefficient determination (R2) from regression estimation is about 65.2 %. Finally, the limitation of this study is place on the precision of the respondents unswer since perception data is subject to the situation when respondent's answer the quetionnaire.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 9397 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 27 Apr 2010 17:36 |
Last Modified: | 27 Apr 2010 17:36 |
Repository Staff Only: item control page