ANALISIS STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING PRODUK MEBEL ROTAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN KINERJA EKSPOR PERUSAHAAN

KOERNIAWAN, CHANDRA (2001) ANALISIS STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING PRODUK MEBEL ROTAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN KINERJA EKSPOR PERUSAHAAN. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2582Kb

Abstract

ABSTRACT One of the marketing programs is how to create a good relation with the customer as one of the ways to continue the living and get the profitable company. In long term, company knows what is the expectation and customer's needed. The important element in marketing programs is how to create the best competitive advantage strategy in company, so the company can be competitive in the market especially in the rattan furniture field. Therefore, this research have done and explain about the marketing mix, customer satisfaction, loyalty, competitive advantage, external factor and sustainable market performance, hope the company's performance more better. This research have done at PT. Gunawan Yudhatama Sentosa Semarang, by the sample is 100 respondent. The goals of this research is to handle of company's discrease export sales volume and to analysis competitive advantage, in order that the company's performance more better than before. Then, we'll look for the causal relation between the marketing mix, customer satisfaction, loyalty, external factor, company's competitive advantage and the result is oriented on sustainable market performance, that it can be showed by the model of the company's performance, the company's image and the company's capability more better. To examine the hypothesis use by the Structural Equation Model (SEM) by the AMOS program. Proper test use by goodness of fit and regression weights criteria. The result of proper test has been showed that the model in this research was fix, while the result of regression weights was positive relation between marketing mix with competitive advantage, customer's satisfaction with loyalty, loyalty with competitive advantage, external factor with sustainable market performance, and the last is competitive advantage with sustainable market performance. ABSTRAKSI Salah satu program pemasaran adalah menciptakan hubungan kemitraan yang baik dengan pelanggan sebagai salah satu cara untuk kelanggengan dan kemampulabaan perusahaan. Dalam jangka panjang memungkinkan perusahaan untuk memahami harapan serta kebutuhan pelanggan. Salah satu unsur penting dalam program pemasaran adalah bagaimana menciptakan strategi keunggulan bersaing perusahan sehingga perusahaan dapat bersaing di pasaran khususnya di bidang mebel rotan Untuk itu penelitian ini dilakukan dan menjelaskan faktor bauran pemasaran, kepuasan pelanggan, loyalitas, keunggulan bersaing, faktor eksternal dan sustainable market performance sehingga diharapkan kinerja perusahaan semakin baik. Studi ini dilakukan di PT.Gunawan Yudhatama Sentosa Semarang, dengan jumlah sample sebanyak 100 responden. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengatasi penurunan volume penjualan eksport perusahaan dan menganalis keunggulan bersaing perusahan supaya kinerja perusahaan membaik.Kemudian dicari sebuah hubungan kausalitas antara bauran pemasaran, kepuasan pelanggan, loyalitas, faktor eskternal, keunggulan bersaing perusahaan dan hasilnya berorentasi pada sustainable market performance yang ditandai dengan membaiknya kinerja perusahaan, citra perusahaan dan kemampuan perusahaan dalam bentuk model. Untuk menguji hipotesa diuji dengan model Structural Equation Model (SEM) yang dijalankan dengan program AMOS. Uji kelayakan dilakukan dengan menggunakan kreteria goodness of fit dan regression weights. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa model dalam penelitian ini sudah memenuhi sedangkan, hasil yang regression weights menunjukkan ada hubungan positif antara bauran pemasaran dengan keunggulan bersaing, kepuasan pelanggan dengan loyalitas, loyalitas dengan keunggulan bersaing, faktor eksternal dengan sustainable market performance, dan keunggulan bersaing dengan sustainable market performance.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:9392
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:27 Apr 2010 15:54
Last Modified:27 Apr 2010 15:54

Repository Staff Only: item control page