IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK INSEKTISIDA ( STUDI KASUS PRODUK FURADAN 3G DI DAERAH KARANGANYAR DAN SRAGEN )

RAHARJO S. , NANGKULO (2001) IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK INSEKTISIDA ( STUDI KASUS PRODUK FURADAN 3G DI DAERAH KARANGANYAR DAN SRAGEN ). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2372Kb

Abstract

ABSTRACT Farmer is end user of pesticide product to control pest problem on rice crop cultivation, there are very important to know farmer perception about product related with decision to buy what kind of insecticide product will be use. Observer use rice farmer at Kabupaten Karanganyar and Kabupaten Sragen, Central Java as object on this research, which both places are the center of rice production also high intensification with large of irrigated area, big volume of insecticide usage and many progressive farmer. Company has problem of sales performance in 1997 compare 1996 on that area, the sales of insecticide Furadan 3G decrease 35% - 46% because of penetration new competitor with brand name Regent 0.3G on the same segment produce by Multi National Corporation - PT. Rhone Poulench Indonesia. In this research has been selected 27th variables related price, product, place and promotion as marketing mix to approach all aspects in end user. Respondent selected base on farmers leader on rice growing area at two kabupaten Karanganyar and Sragen. Sampling metode was use Purposive Geographic Random Sampling with Factor Analysis as tool for system analyzed, to see which bigger loading in every factor has been selected. The software used to analyze is SPSS for windows 2000. The result of the research shows variables related promotion bellow the line about information of Furadan 3G with variables as follows. Had seen demonstration plot directly; PPL information; farmers meeting with company representative; information from other farmers; company film promotion; saw leaflet and posters; has big contribution influences farmer on insecticide purchase decision. ABSTRAKSI Petani merupakan Konsumen akhir yang menggunakan pestisida dalam budi daya tanaman padi, sehingga perilaku para petani menjadi faktor yang penting dalam hubungannya dengan keputusan membeli produk pestisida. Untuk itu peneliti menggunakan petani sebagai obyek penelitian dan dilakukan di wilayah Kabupaten Karanganyar dan Sragen, dimana wilayah tersebut merupakan salah satu wilayah yang menggunakan pestisida yang cukup besar di karisidenan Surakarta, karena potensi wilayahnya yang luas, adanya irigasi tehnis dan intensifikasi pertaniannya yang sudah maju. Permasalahan yang dihadapi perusahaan adalah terjadinya penurunan penjualan pestisida produk Furadan 3G sampai dengan 15 % di dua kabupaten tersebut, hal ini disebabkan masuknya pesaing baru yaitu produk Regent 0,3G yang diproduksi oleh Multi National Corporation-PT. Rhone Poulenc Indonesia. Variabel-variabel dalam penelitian ini meliputi 27 variabel yang mengacu pada marketing mix yaitu harga (price), produk (product), distribution (place) and promosi (promotion). Responden yang dipilih didalam penelitian ini adalah konsumen pemakai yaitu ketua kelompok tani yang berada di wilayah kabupaten Karanganyar dan kabupaten Sragen. Pengumpulan data menggunakan metode proposif area stratified random sampling , alat analisisis yang digunakan untuk melihat faktor mana yang mempunyai peran terbesar menggunakan analisis faktor. Perangkat yang digunakan dalam perhitunganya adalah dengan program SPSS for windows 2000. Hasil pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : Variabel yang banyak berhubungan dengan promosi bellow the line yang meliputi informasi tentang produk Furadan 3G, yaitu meliputi variabel melihat sendiri demo plot di lahan; mengetahui dari PPL; temu wicara denganpetugas perusahaan; informasi dari petani lain; pertemuan rutin; kelompok tani; promosi iklan radio; pemutaran film perusahaan, mengetahui dari poster dan mengetahui dari brosur, mempunyai sumbangan paling besar terhadap keputusan membeli oleh konsumen (petani)

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:9388
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:27 Apr 2010 15:30
Last Modified:27 Apr 2010 15:30

Repository Staff Only: item control page