Setyorini, Arnanda (2001) ANALISIS PENGARUH TEKNOLOGI TERHADAP KEUNGGULAN PRODUK BARU DAN MAT BELT KONSUMEN TELEPON GENGGAM NOKIA (STUDI EMPIRIS PADA PT. NPC TRIKOMSEL SEMARANG). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 2771Kb |
Abstract
ABSTRACT Tighly competition in business world, push the company to creat the product so that the product more superior than its competitor. Also in the market cellular phone, be carried on the back with technology advance now there are a lot of brand of cellular pone in the market. So that, Nokia always try to do fast innovation with hi-technology so the company can creat superior product and consumer want to buy the product that offered by the company. The goal of this research is analyze the effect of technology to New Product Advantage, the effect of New Product Advantage to buying intention and the effect of technology to buying intention. This research used 100 sample of respondent, namely the buyer and user of Nokia cellular phone new type (8890,8850,8210,8250,3310,6250 dan 9110). The hypothesis was conducted by SEM using AMOS program. The study have shown that technology significantly have positive effect to New Product Advantage, New Product, Advantage significantly have positive effect to buying intention and technology significantly have positive effect to buying intention. It implied that to increase buying intention, technology and New Product Advantage must be improved. This study also relates the result to theoritical implication and policy implication for management described in the conclusion section. The limitation and agenda for further research can be used as reference by further researchers. ABSTRAKSI Persaingan yang ketat di dunia bisnis, memacu pihak perusahaan untuk terus menciptakan produknya agar lebih unggul dari pesaingnya. Begitu juga dengan usaha di bidang telepon seluler, dengan adanya kemajuan teknologi maka saat ini terdapat bermacam — macam merek ponsel di pasaran. Oleh karena itu, Nokia melakukan inovasi dengan cepat yang ditunjang teknologinya yang canggih agar dapat menciptakan produk yang unggul sehingga diharapkan konsumen tertarik untuk mengkonsumsi produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh teknologi terhadap keunggulan produk baru, pengaruh keunggulan produk baru terhadap niat bell dan pengaruh teknologi terhadap niat bell. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 responden, yaitu konsumen yang menjadi pembeli dan pengguna telepon genggam Nokia tipe — tipe baru (8890,8850,8210,8250,3310,6250 dan 9110). Untuk menguji hipotesis dilakukan dengan Structural Equation Model (SEM) yang dijalankan dengan program AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi secara signifikan berpengaruh positif terhadap keunggulan produk baru, keunggulan produk baru secara signifikan berpengaruh positif terhadap niat bell dan teknologi secara signifikan berpengaruh positif terhadap niat beli. Hal ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan niat beli konsumen, maka teknologi dan keunggulan produk baru harus terus dikembangkan. Penelitian ini juga menghubungkan hasil penelitian dengan implikasi teoritis dan implikasi kebijakan bagi manajemen yang diuraikan pada bagian kesimpulan. Keterbatasan penelitian dan agenda penelitian mendatang dapat dijadikan acuan bagi para peneliti selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 9376 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 27 Apr 2010 14:51 |
Last Modified: | 27 Apr 2010 14:51 |
Repository Staff Only: item control page