PENGARUH CITRA NEGARA ASAL PRODUK ( COUNTRY IMAGE) TERHADAP KEINGINAN MEMBELI KONSUMEN SEBUAH STUDI EMPIRIS PEMBELIAN TELEPON SELULER DI KOTA SEMARANG

Infantyasning , Primi (2001) PENGARUH CITRA NEGARA ASAL PRODUK ( COUNTRY IMAGE) TERHADAP KEINGINAN MEMBELI KONSUMEN SEBUAH STUDI EMPIRIS PEMBELIAN TELEPON SELULER DI KOTA SEMARANG. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
3147Kb

Abstract

Abstract In this global era , many kind of international products coming to several country including Indonesia. Since there have many kind of international product come to Indonesia so the Indonesian consumen have many option to use and to select that product. This evaluation base on not only the physical and characteristical appearance but also base on the origin of the goods producted . The evalbation products based on the origin of the goods producted known as country image evaluation. One of international products coming to Indonesian market which is enthusiastically welcome by Indonesian consumen is the celluler phone. This time may kind's of celluler phone trade mark are offered to Indonesian consumen which is designed to meet the professional, status, and hobby of the the user Consumen evaluation in deciding to buy of what country of celullar phone made from is base on country image which consists of the innovative product, prestige of product and reliability. With this country image consumen evaluation the aim of this research is to identify the impact of country image of the product upon willingness to buy of the consumen, while the variables which is influenced country image of the product consists of attribute product, price product and product service . The sampling in this research is done by Purposive Sampling and with 120 respondents. This data is taken by interview with the combination of close and open questionare. Considering that many kind of cellular phone trademark in Indonesian market this research is limited to only celluler phone trade mark which is preferable by Indonesian consumen . They are : Nokia ( Finland ),Ericsson( Sweden ) and Siemens ( Germany ). The technical data analysis used in this research is the Confirmatory Factor Analysis and the Full Model of The Structural Equation Model ( SEM ). Base on the analysis result, it is know that three variables : product atrribute, price of product and product service influences the country image of the product and the counsumen willingness to buy. While the variable which have deep influence is the price product variable. This is because Indonesia as the developing country with many kind of consumen still take the price into the consideration as the main factor in deciding to buy. Beside that, Indonesian counsumen is devided base on the education, income, age and social status will influenced in deciding what kind of celluler phone will be buy which is meet their needs. ABSTRAKSI Dalam era globalisasi ini, banyak produk-produk internasional yang memasuki suatu negara termasuk negara Indonesia. Produk-produk internasional dari berbagai negara yang beredar di Indonesia akan menyebabkan konsumen mempunyai banyak pilihan dalam menggunakan dan mengevaluasi produk tersebut. Evaluasi konsumen terhadap produk - produk internasional tidak hanya berdasarkan daya tank dan karakteristik fisik produk saja, tetapi juga berdasarkan negara yang memproduksinya. Evaluasi konsumen terhadap negara asal produk dikenal dengan istilah efek citra negara asal produk atau country image Salah satu produk internasional yang memasuki pasaran Indonesia dan mendapat tanggapan yang bagus dari konsumen Indonesia adalah produk telepon seluer atau handphone. Produk telepon seluler yang ditawarkan pada saat ini meliputi berbagai merek yang dirancang sesuai dengan kebutuhan ,profesi,status dan hobi dari pemakainya. Evaluasi yang dapat dilakukan oleh konsumen dalam membeli produk telepon seluler dari berbagai negara tersebut dapat dilihat dari citra negara asal produk yang terdiri dari dimensi inovatif produk,prestis produk dan kehandalan produk. Dengan adanya evaluasi konsumen terhadap negara asal produk telepon seluler tersebut , maka penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh citra negara asal produk terhadap keinginan membeli konsumen ,sedangkan variabel- variabel yang dapat mempengaruhi citra negara asal produk adalah variabel atribut produk,harga produk dan pelayanan produk. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan Purposive Sampling dan jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 120 responden. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan wawancara dengan memberikan kombinasi daftar pertanyaan tertutup dan daftar pertanyaan terbuka kepada responden. Mengingat banyaknya telepon seluler yang beredar di Indonesia, dalam penelitian ini peneliti membatasi untuk tiga telepon seluler dari tiga negara yang favorit , banyak disukai oleh konsumen Indonesia dan menguasai pangsa pasar Indonesia , yaitu : Nokia ( Finlandia ), Ericsson Swedia ) dan Siemens ( Jerman ). Teknik analisis data yang digunakan adalah Confirmatify Factor Analysis dan full model dari Structural Equation Model SEM ). Dari hasil analisa dapat diketahui bahwa ketiga variabel yaitu atribut produk, harga produk dan pelayanan produk berpengaruh terhadap citra negara asal produk dan keinginan membeli konsumen . Sedangkan variabel yang mempunyai pengaruh yang paling, besar adalah variabel harga produk. Hal ini disebabkan karena Indonesia sebagai negara berkembang dengan konsumen yang beragam masih mempertimbangkan harga produk sebagai faktor yang utama dalam membeli suatu produk,selain itu konsumen Indonesia dengan berbagai tingkatan masyarakat seperti dalam pendidikan,pendapatan,umur, status sosial akan membeli produk telepon seluler dengan harga telepon seluler yang sesuai dengan kebutuhannya.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:9373
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:27 Apr 2010 14:39
Last Modified:27 Apr 2010 14:39

Repository Staff Only: item control page