Tampubolon, Samuel E. D. (2001) ANALISIS SIKAP KONSUMEN BERDASARKAN LIST OF VALUES DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN PRODUK SEPATU JENIS HIGH FASHION P.T. SEPATU BATA TBK DI DKI JAKARTA. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 2758Kb |
Abstract
ABSTRACT This study analyzed the attitude of P.T. Sepatu Bata Tbk's high fashion shoes consumers, with problem's background begun from new segment entered by P.T. Sepatu Bata Tbk. This new segment which was middle upper class with high fashion shoes product, however before, P.T. Sepatu Bata Tbk focused on middle lower class segment. This study using values measurement based on List Of Values. List Of Values is a theory which is describing one should importantly consider their self values fulfillment. These values will lead consumers into their consuming behavior. These eight values are self-respect, security, warm relationship with other, sense of accomplishment, self-fulfilment, being well-respected, sense of belonging, fun and enjoyment in life. Samples were taken from five consumers groups from five P.T. Sepatu Bata Tbk's outlets from five chosen malls at five marketing areas in DIG Jakarta which are Central Jakarta, North Jakarta, East Jakarta, South Jakarta, and West Jakarta. The result of the analysis against high fashion shoes consumer's attitude shows that there are three values from List Of Values which varies significantly between the consumer groups. Then, eight values from List Of Values have no relationships with consumer's characteristics which are, socio-economic class, education backgrounds, and sex. Next analysis, based on List Of Values, analyzed the consumer's considerations in buying high fashion shoes. This results five dominant factors as considerations for consumers in buying high fashion shoes. ABSTRAK Penelitian ini menganalisis sikap dari konsumen sepatu high fashion P.T. Sepatu Bata Tbk dengan berlatar belakang pada segmen barn yang dimasuki oleh P.T. Sepatu Bata Tbk yaitu seguten menengah ke atas melalui sepatu high fashion, karena P.T. Sepatu Bata Tbk yang selama ini memfokuskan pada segmen menengah ke bawah. Penelitian mengenai sikap ini menggunakan peng-ulcurart nilai-nilai berdasarkan List Of Values. List Of Values adalah suatu teori yang menjelaskan dimana seseorang penting untuk mempertimbangkan pemenuhan nilai dalam dirinya Nilai-nilai yang dianut oleh konsumen ini akan menentukan perilaku konsumsinya. Delapan nilai List Of Values ini adalah harga din, rasa aman, kehangatan hubungan, pencapaian prestasi, pemenuhan dirt terhormat, kebersamaan dan, kesenangan hidup. Sampel untuk penelitian ini diambil lima kelompok konsumen sepatu high fashion dari lima gerai sepatu high fashion P.T. Sepatu Bata Tbk dari lima mal yang terpilih dan berada di lima wilayah pemasaran sepatu high fashion di DKI Jakarta, yaitu dari Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat. Hasil analisis terhadap sikap konsumen sepatu high fashion menunjulckan bahwa ada tiga nilai dari List Of Values bervariasi secara signifikan diantara kelompok konsumen. Kemudian bahwa dari List Of Values tidak memiliki hubungan dengan karakteristik konsumen yaitu jenis kelamin, pendidikan, dan kelas sosio-ekonomi. Selanjutnya analisis terhadap pertimbangan konsumen yang berdasarkan List Of Values, dalam melakukan pembelian sepatu high fashion menghasilkan lima faktor yang dominan yang dilalcukan oleh konsumen dalam melakukan pembelian sepatu high fashion.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 9358 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 27 Apr 2010 13:56 |
Last Modified: | 27 Apr 2010 13:56 |
Repository Staff Only: item control page