PENGARUH ORIENTASI PASAR, INOVASI PRODUK DAN FAKTOR PIMPINAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN STUDI EMPIRIS PADA USAHA KECIL PEMBUATAN SEPATU DAN SANDAL DI KOTA SEMARANG

Prasetyo, Didik (2001) PENGARUH ORIENTASI PASAR, INOVASI PRODUK DAN FAKTOR PIMPINAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN STUDI EMPIRIS PADA USAHA KECIL PEMBUATAN SEPATU DAN SANDAL DI KOTA SEMARANG. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2562Kb

Abstract

ABSTRACT Implementation of market orientation culture in an organization gives a huge impact on its marketing performance. Market orientation has long been viewed as an organization culture that considers market as a very crucial stakeholder, therefore market needs to be managed through gathering information about consumer needs and also about its competitor. This research analyzes the effect of market orientation of small shoes and sandals manufacturing firms in Semarang on its marketing performance. This research also analyzes how top management factor and product innovation affect their market orientation. Technical data analysis used for testing the proposed hypotheses is Structural Equation Modeling (SEM) whichis run by AMOS program (Analysis of Moment Structure). The result from data computation shows that market orientation was positively affected by top management factor, but not affected by product innovation. Moreover, market orientation gives positive effect to both sales volume and sales growth, but stronger to sales growth than to sales volume. ABS TRAKS I Penerapan budaya orientasi pasar dalam suatu organisasi memberikan pengaruh yang besar terhadap kinerja pemasaran organisasi tersebut. Orientasi pasar dipandang sebagai budaya organisasi yang menganggap pasar sebagai stakeholder yang penting, sehingga pasar perlu untuk dimanage melalui upaya-upaya untuk selalu memperoleh infoLmasi mengenai kebutuhan pelanggan dan juga tentang pesaing. Penelitian ini menganalisis pengaruh dari orientasi pasar pada usaha kecil pembuatan sepatu dan sandal di kota Semarang terhadap kinerja pemasarannya. Penelitian ini juga menganalisis bagaimana pengaruh faktor pimpinan dan inovasi produk terhadap orientasi pasar usaha kecil tersebut. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan adalah dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) yang dioperasikan melalui program AMOS (Analysis of Moment Structure). Hasil komputasi data menunjukkan bahwa orientasi pasar dipengaruhi secara positif oleh faktor pimpinan namun tidak dipengaruhi oleh inovasi produk. Orientasi pasar sendiri berpengaruh secara positif kepada volume penjualan dan pertumbuhan penjualan, namun orientasi pasar berpengaruh lebih kuat kepada pertumbuhan penjualan daripada kepada volume penjualan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:9354
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:27 Apr 2010 13:45
Last Modified:27 Apr 2010 13:45

Repository Staff Only: item control page