Sarwono, Aris Eddy (2001) ANALISIS PENGARUH TINDAKAN SUPERVISI TERHADAP KEPUASAN KERJA AUDITOR PEMULA : STUDI EMPIRIS PADA AUDITOR EKSTERNAL DAN AUDITOR INTERNAL DI INDONESIA. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 2150Kb |
Abstract
THE ANALYSYS OF SUPERVISORY ACTION INFLUENCE TO JOB SATISFACTION OF ENTRY LEVEL AUDITOR : THE EMPIRICAL STUDY ON EXSTERNAI: AUDITOR AND INTERNAL AUDITOR IN INDONESIA Abstract The Accounting Education Change Commission (AECC) issues its Statement no. 4 concerning with actions some recommendation about supervisory of entry level staff to improve job satisfaction. This study reports the result of a survey of 98 entry level accountants from 63 exsternal auditor and 35 internal auditor. This research aims to analyse: I) differences between exsternal auditor and internal auditor related to supervisory action and job satisfaction. 2) the influence of three major elements of supervisory action recommended by the AECC (leadership and mentoring, working conditions, and assignments) of entri-level staff to job satisfaction. 3) difference the influence of independent variables and dependent variables between exsternal auditor and internal auditor. This study finds that there are not significant differences between exsternal auditor and internal auditor related to supervisory action and job satisfaction. This study finds that of supervisory action recommended by the AECC, leadership & mentoring, and assignments are influence with reported job satisfaction, but working condition not influence with job satisfaction. The chow test shows that the influences of independent variables and dependent variables are not significant differences between exsternal auditor and internal auditor. Keywords • Entry-level accountants, Supervisory action, Leadership and Mentoring, Working conditions, Assignments, and Job satisfaction. ANALISIS PENGARUR TINDAKAN SUPERVISI TERRADAP KEPUASAN KERJA AUDITOR PEMULA : STUDI EMPIRIS PADA AUDITOR EKSTERNAL DAN AUDITOR INTERNAL DI INDONESIA Abstract Accounting Education Change Commission (AECC) menerbitkan issues statement no 4 yaitu rekomendasi pada supervisor yaitu untuk meningkatkan kepuasan kerja auditor pemula. Hasil survey dari studi sejumlah 98 auditor pemula terdiri dari 63 dari auditor eksterna dan 35 berasal dari auditor internal. Tujuan dari studi ini untuk menganalisis 1). Perbedaan antara auditor eksternal dengan auditor internal dalam hubungannya dengan tindakan supervisi dan kepuasan kerja. 2). Pengaruh dari tiga elemen utama dalam tindakan supervisi (aspek kepemimpinan & mentoring, aspek kondisi kerja, dan aspek penugasan) auditor pemula terhadap tingkat kepuasan kerja. 3). Perbedaan pengaruh variabel independen dan variabel dependen antara auditor eksternal dengan auditor internal. Hasil studi menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara auditor eksternal dengan auditor internal dalam hubungannya dengan tindakan supervisi terhadap kepuasan kerja auditor pemula. Studi ini juga menunjukkan bahwa tindakan supervisi yang direkomendasikan AECC, yaitu aspek kepemimpinan & mentoring dan aspek penugasan berpengaruh terhadap kepuasan kerja auditor pemula, sedangkan aspek kondisi kerja tidak berpengaruh secara signifikan dengan kepuasan kerja. Pada uji Chow menunjukkan bahwa pengaruh dari variabel independen dan variabel dependen tidak berbeda antara auditor ekstemal dengan auditor internal. Kata kunci : Auditor pemula, Tindakan supervisi, Kepemimpinan & mentoring, Kondisi kerja, Penugasan, dan Kepuasan kerja.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 9350 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 27 Apr 2010 13:28 |
Last Modified: | 27 Apr 2010 13:28 |
Repository Staff Only: item control page