ANALISIS PENGARUH GAYA HIDUP DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PERILAKU MEMBELI MOBIL "TOYOTA KIJANG EFI" Studi Kasus : pada Konsumen PT. Nasmoco Cabang Pemuda di Semarang

Hendrajuwana, Ivone Juliastanti (2000) ANALISIS PENGARUH GAYA HIDUP DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PERILAKU MEMBELI MOBIL "TOYOTA KIJANG EFI" Studi Kasus : pada Konsumen PT. Nasmoco Cabang Pemuda di Semarang. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
3724Kb

Abstract

ABSTRACT Otomotive industries have rapid competition. They often create new inventions in order to compute and defeat their competitors. One of the otomotive manufactures is Toyota Motor Co. Ltd, which has launched its new product Toyota Kijang EFI. The new product has high performance design and technology. There are good respons of Toyota Kijang EFI from the people that can be proved trough a great number of selling by the branch of PT. Nasmoco in Pemuda Semarang. According to the interview conducted to the salesmen, it found that the main significant factors of customers behavior in buying Toyota Kijang EFI were their lifestyle and perception. Individual lifestyle relates to how his life, spends his money, and uses his time in his daily life, the customer perception is the impression of customer to products or services accepted by experience, visible object and the information of the product. Both yhe individual lifestyle and customer perceptions influnce customer behavior of buying product. The subject of the research was the customers of the branch of PT. Nasmoco Pemuda Semarang, who bought Toyota Kijang EFI during 2000 and a hundred customers of them was took as research sample. The sampling technique used purposive and quota sampling, the collective data methods were questionaire methods, and data analysis used Structural Equation Modeling (SEM) through AMOS program version 4.01. Based on the data analysis, the actualizers did not affect customers of buying Toyota Kijang EFI, in fact it should be ommited from the research. The achievers and fulfilleds affected positively toward the customers buying behavior (CR ach = 0,87 and CR Ful = 0,18). While the makers impacted negatively againts the buying behavior (CR mak = -0,25). The customer perception affected positively to the buying behavior (CR PKP = 0,30). Instead of using demography research which frequently applied, the research conducted was psychographis which sparsely performed. Knowing psychographismarket segmentation, will help sales to perform appropriate market strategy in order to achieve the target market. ABSTRAKSI Persaingan di industri otomotif sangat ketat dan mereka selalu menciptakan inovasi-inovasi baru supaya tidak kalah dengan para pesaingnya. Salah satu produsen mobil yang terkenal adalah PT. Toyota Motor Co. Ltd. dengan produk barunya untuk mobil Kijang, yaitu Toyota Kijang EFI yang memiliki berbagai macam keunggulan, baik dari segi design maupun teknologi EFI yang digunakannya. Respon masyarakat terhadap Toyota Kijang EFI sangat bagus, yang terbukti melalui jumlah unit penjualannya pada PT. Nasmoco cabang Pemuda di Semarang Berdasarkan interview yang dilakukan kepada para salesmannya, dapat diketahui bahwa faktor yang paling berperan dalam perilaku konsumen dalam membeli mobil Toyota Kijang EFI adalah gaya hidup konsumen dan persepsi konsumen terhadap mobil Toyota Kijang EFI tersebut. Gaya hidup seseorang berhubungan dengan bagaimana seseorang itu hidup, bagaimana cara mereka menghabiskan uangnya dan bagaimana mereka memanfaatkan waktunya dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan persepsi konsumen adalah kesan yang didapat oleh konsumen mengenai suatu produk barang atau jasa yang diterima melalui pengalaman, obyek yang dilihat dan informasi mengenai produk yang bersangkutan. Kedua faktor tersebut mempengaruhi perilaku seseorang dalam membeli suatu produk. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen PT. Nasmoco cabang Pemuda di Semarang yang telah membeli mobil Toyota Kijang keluaran tahun 2000 Sampel penelitian adalah konsumen PT. Nasmoco cabang Pemuda di Semarang yang telah membeli mobil Toyota Kijang EFI sebanyak 100 orang Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan quota sampling. Sedangkan metode pengumpulan datanya dengan metode angket dan teknik analisis data dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) melalui program AMOS versi 4.01. Berdasarkan hasil analisis data, maka gaya hidup actualizers tidak berpengaruh dalam perilaku membeli mobil Toyota Kijang EFI, bahkan harus dihilangkan dari model penelitian. Namun gaya hidup achievers dan fulfilleds berpengaruh positif terhadap perilaku membeli mobil Toyota Kijang EFI pada konsumen PT. Nasmoco cabang Pemuda di Semarang (CR Ach = 0,87 dan CR Ful = 0.18). Sedangkan gaya hidup makersberpengaruh negatif terhadap perilaku membeli mobil Toyota Kijang EFI pada konsumen PT. Nasmoco cabang Pemuda di Semarang (CR Mak = -0,25). Adapun persepsi konsumen juga berpengaruh positif terhadap perilaku membeli mobil Toyota Kijang EFI pada konsumen PT. Nasmoco cabang Pemuda di Semarang (CR PKP = 0,30). Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian mengenai segmentasi pasar secara psikografis yang masih jarang dilakukan, karena penelitian secara demografis lebih sering dilakukan. Dengan mengetahui segmen pasar secara psikografis, maka akan membantu pihak pemasar untuk melakukan strategi pemasaran yang tepat dalam mencapai target pasar.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:9328
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:27 Apr 2010 11:48
Last Modified:27 Apr 2010 11:48

Repository Staff Only: item control page