"Pengaruh Iklan Terhadap Sikap dan Niat Bell Konsumen Sabun Mandi Kesehatan Lifebuoy" Studi Kasus di Kotanuadya Semarang

Hariyani, Ria Kurnia (2000) "Pengaruh Iklan Terhadap Sikap dan Niat Bell Konsumen Sabun Mandi Kesehatan Lifebuoy" Studi Kasus di Kotanuadya Semarang. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1939Kb

Abstract

ABSTRACTION Attitude concepts based on human attitude in general, which in fact also had been allocated on consumer as user or buyer of a product. The researchers conducting attitude research in order to have an assurance that the attitude can also be an accurate predictor for behavior. Consumer's attitude in perceived brand value comes from varied sources, but the most important influence, rationally and emotionally is advertising (Ryan, 1991). Indonesian community is a passive society, with the results that television is the most appropriate media for product advertisement. Therefore, researchers interested in examining how the advertisement influencing consumer's attitude and intention to buy medical soap Lifebuoy in Sen-tarang. Advertisement elements, which used, as a measurement was advertisement element in television, refer to Rossiter and Percy's theory (1987). The theory suggest that the reaction process will happened in advertisement, therefore creativity in making advertisement will be needed to create connection between advertisement and emotional factors. Emotional creations, which can works through six types of stimulus in advertisement, depend on what type of media used there. Those elements are: 1. Heard sound effect: words or sounds, which heard, usually being said by the announcer that can make the viewer increasingly understand the meaning of those advertisements. 2. Music: music or songs played for the viewer. Songs that been played usually songs which already known by public. This is important specially in broadcasting media. 3. Seen Word: words on television used to clarify the advertisement message. This element is important foradvertising, which is not using figure, and usually in the form - of notification. 4. Picture, that comprise of some objects which was used or a figure of someone who acts on the advertisement. 5. Colour, combination and colour-matching appearance on the advertisement, on both color and background, as well as on dress color wore by the figure on setting Lip of lights. 6. Movement, seen on advertisement that can influence viewer's emotional. Data analysis technique used is SEM model (Structural Equation Modeling). SEM (Structural Equation Modeling) is a causal relationship where the alteration of one variable yielded alteration on the other variable. This research has 12 indicator variables used to measure the influence of advertisement on buying attitude and motive. The results of goodness of fit on full model of SEM (Structural Equation Modeling) which has comply with a reqhest already been determined: Chi-square = 45,561; di = 41; P = 0,228: AGF1 = 0,889; GPI = 0,9309; CFI = 0,985; TLI = 0,979; RMS EA = 0,034; CM IN/df = 1,177. We can conclude that advertisement significantly influencing the buying attitude and motive of consumer of medical soap Li febuoy in Semarang. ABSTRAKSI Konsep sikap didasarkan pada sikap manusia secara umum yang kenyataannya juga dialokasikan pada konsumen sebagai pengguna atau pembeli suatu produk, pan peneliti melalcukan penelitian sikap untuk memperoleh kepastian apakah sikap itu dapat menjadi prediktor yang alcurat terhadap perilalc-u. Sikap konsumen dalam mempersepsikan nilai merek datang dari berbagai sumber, tetapi yang terpenting secara rasional dan emosional yang mempengaruhi adalah iklan (Ryan, 1991). Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang pasif, sehingga lebih banyak media TV lah yang paling cocok untuk iklan suatu produk. Maka peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana pengaruh ildan terhadap sikap dan that beli konsumen sabun mandi kesehatan Lifebuoy. di Kodya Semarang. Elemen ildan yang digunakan sebagai ukuran adalah Elemen ildan di media TV yang mengacu pada teori dan Rossiter dan Percy (1987) menyatalcan bahwa proses reaksi akan tedadi dalam iklan, oleh karena itu kreativitas dalam pembuatan iklan sangat diperlukan untuk menciptakan keterkaitan antara iklan dengan faktor emosi. Penciptaan emosi dapat bekerja melalui enam tipe rangsangan yang terdapat dalam ildan tergantung dari pada media apa yang digunakan. Elemen ildan tersebut antara lain: 1. Heard sound effect yaitu kata-kata atau suara yang terdengar, biasanya diucapkan oleh pembawa ildan yang dapat membuat pemirsa semakin mengerti akan maksud pesan dan iklan yang ditayangkan. 2. Music, yaitu musik atau lagu yang diperdengarkan kepada pemirsa televisi. Lagu yang diputar biasanya berupa lagu yang sudab di kenal oleh masyarakat. Musik ini penting terutama pada media penyiaran. 3. Seen word, yaitu kata-kata yang tampak pada media televisi yang digunakan untuk memperjelas pesan iklan. Elemen ini sangat penting artinya bagi ildan yang tidak menggunakan figur dan biasanya berupa pengumuman. 4. Picture, yaitu gambar-gambar yang dapat meliputi objek yang digunakan atau berupa seorang figur yang membawakan iklan tersebut. 5. Colour, artinya kombinasi dan keserasian warna yang ditampillcan pada iklan, baik warn pada latar belakang, maupun warn pakaian yang digunakan figur serta pengaturan cabaya yang terdapat dalam tayangan iklan. 6. Movement, yaitu gerakan yang terlibat pada tayangan iklan yang dapat mempengarubi emosi seseorang untuk larut di dalamnya Teknik analisis data yang digunakan adalah model SEM ( Structural Equation Modelling) SEM ( Structural Equation Modelling) merupakan hubungan sebab dimana perubahan yang tedadi pada satu variabel menghasilkan perubahan pada variabel lain. Penelitian ini mempunyai 12 variabel indikator yang digunakan untuk mengukur pengaruh iklan terhadap sikap dan that beli. Basil goodness of fit pack model full model SElvf ( Structural Equation Modelling) telah memenuhi syarat yang ditentukan yaitu: TLI= 0,979; RMSEA= 0,034; CM1N/df= 1,177. Kesimpulannya bahwa secara signifikan iklan berpengaruh terhadap sikap dan that bell konsumen sabun mandi kesebatan Lifebuoy di Kodya Semarang.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:9326
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:27 Apr 2010 11:43
Last Modified:27 Apr 2010 11:43

Repository Staff Only: item control page