ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA STMIK DIAN NUSWANTORO DI SEMARANG

Supriyanto, Agus (1999) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA STMIK DIAN NUSWANTORO DI SEMARANG. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2509Kb

Abstract

ABSTRACT STMIK Dian Nuswantoro Semarang is the first Computer College built in Semarang even in Central Java. It is a development of AMIK Dian Nuswantoro. Because of the prospect for computer college specially in Semarang is very good so the others also build the computer colleges in Semarang and in the 6th. Coordination of Private Colleges Central Java. Beside the prospect had by STMIK Dian Nuswantoro, is has some rivals from another Computer Colleges. So that, it needs having special strategy to face the moves relating to the kent rival. Based on that problems, the writer holds-the research to analyze the position of STMIK Dian Nuswantoro using SWOT Analyse. This analyse is used to looking for the opportunities, threats, strengths and weaknesses of STMIK Than Nuswantoro Semarang. On internal analyse is gotten weighted value of 3,14 meaning that STMIK Dian Nuswantoro is on the rate value compared with the other Computer Colleges in Semarang, it means that STMIK Dian Nuswantoro is strong enough to use the strengths had in covering the weaknesses. On the external analyse, the weighted value has threats 3,40. Moreover, it has the enough high opportunities that is 3,75 It means that STMIK Dian Nuswantoro knows about the opportunities there. From the SWOT position matrix, we can know that STMIK Dian Nuswantoro is on ETOP position for speculative group and on SAP position for strong group. Futher more, the exact strategy to develop is investation strategy. This strategy is implementiated with doing concentration strategy and also using Consentrict Diversivication Strategy. ABSTRAKSI STMIK Dian Nuswantoro Semarang merupakan Perguruan Tinggi Komputer yang pertama berdiri di Semarang bahkan Jawa Tengah dan merupakan pengembangan dari AMIK Than Nuswantoro. Karam prospeknya yang sangat balk bagi Perguruan Tinggi Komputer khususnya di Semarang, maka banyak berdiri STMIK-STMIK lain di Semarang dan di wilayah Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah. Hal demikian, selain peluang yang dimiliki oleh STMIK Dian Nuswantoro diikuti pula oleh ancaman-ancaman dari Perguruan Tinggi Komputer yang lain, sehingga STMIK Dian Nuswantoro perlu memiliki strategi tertentu guna menghadapi perubahan¬perubahan yang mengarah pada persaingan yang makin tajam tersebut. Berdasarkan permasalahan diatas, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis posisi STMIK Dian Nuswantoro dengan menggunakan Analisis SWOT. Analisis ini digunakan untuk' mencari peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahan dari STMIK Dian Nuswantoro Semarang. Pada analisis internal didapat nilai tertimbang 3,14 yang berarti bahwa STMIK Dian Nuswantoro berada diatas rata-rata dibanding STMIK-STMIK yang lain di Semarang, yang berarti pula bahwa STMIK Dian Nuswantoro cukup kuat memanfaatkan keunggulan yang dimiliki dalam menekan kelernahan yang ada. Sedangkan dalam analisis eksternal, nilai tertimbang ancaman sebesar 3,40. Nantun demikian memiliki peluang yang cukup finggi pula yaitu sebesar 3,75, yang berarti bahwa STMIK Dian Nuswantoro tanggap terhadap peluang yang ada. Dari matrik posisi SWOT, terlihat bahwa STMIK Dian Nuswantoro pada posisi ETOP berada pada kelompok Speculative dan posisi SAP pada kelompok Strong, sehingga strategi yang tepat untuk dikembangkan adalah strategi Investasi/Pertumbuhan. Strategi ini diimplementasikan dengan tetap menjalankan Strategi Konsentrasi ditambah dengan menerapkan Strategi Diversifikasi Konsentrik.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:9285
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:27 Apr 2010 10:24
Last Modified:27 Apr 2010 10:24

Repository Staff Only: item control page