Sugianto, Bambang Eddy (1999) IDENTIFIKASI VARIABEL - VARIABEL RELEVAN YANG BERPENGARUH TERHADAP VOLUME PENJUALAN MINYAK PELUMAS MERK "MESRAN" PADA PERTAMINA UNIT PPDN IV JAWA TENGAH DAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 1617Kb |
Abstract
ABSTRACT The free market era have been constructed formally in recent years, but the kind of the effect of business competition tightly to go through. A lot of management observer predict that the competition will be more tight in the future. Therefore the firm make formulation and get perfection of the business strategy to find the winning competition. To know how far the effectiveness of the application that strategy, so that is necessary to the company's management performance measures of that business. The place of this research isPERTAMINA Unit PPDN IV Semarang and Daerah Istimewa Yogyakarta. This corporate to face instability performance of Sales Volume. The objection of the research is to Know the marketing strategy has been doing by PERTAMINA Unit PPDN IV Semarang and Daerah Istimewa Yogyakarta. Besides to develop company in the future the research objective is for marketing mix elements, so that elements have positive and significant influence get attention to support to the company development in the future. The instrument used in this research is quantitative analysis. The research results show that the competitions become tight and in preparing to face globalitation, PERTAMINA Unit PPDN IV Semarang and Daerah Istimewa Yogyakarta stated Restructuritation policy. The one of the strategy that stated in that policy is Maximum Discount factor, Amount of Dealer and Sales Promotion. The three variabels above has to pass by procedure and special requirement to reach the result as it hopes by integrated planning strategy. The three variabels program are integrated and needs much more time, so it must be test and trial to get increase sales volume. After scientific research, there are only 2 relevan variable is significant. 2 variable is Maximum Discount Factor and Sales promotion. The strategic implication to face the future especially in globalisation era, good strategy in integratedly must be continued and increased That strategy needs some support by efficiency and other fields to support the achievement of the objection in globalisation era. ABSTRAK Era pasar bebas baru saja dimasuki secara formal beberapa tahun yang lalu, tetapi dampaknya berupa persaingan bisnis yang culcup ketat telah dirasakan. Banyak pengamat manajemen yang meramalkan bahwa persaingan akan semakin ketat di masa yang akan datang. oleh Icarena itu perusahaan terus berupaya untuls merumuskan dan menyempumakan strategi-strategi bisnisnya dalam rangka memenangkan persaingan. Untuk mengetahui seberapa jauh efektivitas penerapan strategi tersebut, maka manajemen perusahaan perlu mengukur kinerja bisnisnya. renelitian ini mengambil obyek di PERTAMINA Unit PPDN IV Semarang dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Perusahaan ini sedang menghadapi masalah ketidakstabilan pada volume penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang telah dikerjakan oleh PERTAMINA Unit PPDN IV Semarang dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Disamping itu dalam rangka mengembanglcan perusahaan pada masa yang akan datang, penelitian ditujulcan kepada unsur marketing mix, sehingga unsur marketing mix yang mempunyai pengaruh positif dan signifilcan mendapatkan perhatian untuk mendulcung pengembangan perusahaan pada masa yang akan datang. Alat analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kwantitatif. tlasil penelitian menunjuKkan bahwa kondisi persaingan yang malcin ketat dan dalam rangka periapan diri untuk menghadapi era persaingan global, Pertamina Unit PPDN IV Semarang dan Daerah Istimewa Yogyakarta menerapkan kebijalcan restrukturisasi. Salah satu strategi yang ditetapkan dalam kebijakan tersebut adalah dalam peningkatan diskon, jumlah dealer dan biaya promosi. Ke 3 variabel tersebut didukung oleh prosedur dan persyaratan tertentu agar dapat mencapai hasil kerja yang diharapkan, melalui suatu perencanaan strategis dan terpadu. Ke 3 variabel merupalcan keterpaduan dan dibutuhkan kerja dengan banyalc walctu, maka untuk hal itu harus di test dan dicoba untuk menaikkan volume penjualan. Setelah diadakan penelitian secara ilmiah, ternyata variabel relevan dan signifilcan hanya ada 2 yaitu tingkat diskon dan biaya promosi. Implilcasi strategis untuk menghadapi masa yang akan datang dalam era globalisasi, strategi yang balk dengan terintegrasi harus diteruskan dan dikembangkan. Strategi tersebut membutuhkan banyalc dukungan dengan efisiensi dan bidang-bidang lain untuk menunjang pencapaian tujuan dalam era globalisasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 9284 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 27 Apr 2010 10:21 |
Last Modified: | 27 Apr 2010 10:21 |
Repository Staff Only: item control page