ANALISIS PERILAKU KONSUMEN SEBAGAI DASAR PENYUSUNAN STRATEGI PEMASARAN PADA PERUMAHAN PT SEMARANG -INDAH (Studi Kasus Rumah Type Sederhana Dan Type sedang)

SOEWITO, DARMANTO (1998) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN SEBAGAI DASAR PENYUSUNAN STRATEGI PEMASARAN PADA PERUMAHAN PT SEMARANG -INDAH (Studi Kasus Rumah Type Sederhana Dan Type sedang). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2981Kb

Abstract

ABSTRACT PT. Semarang indah, one of numerous developers in Semarang, designs several types of house, they are simple, middle, luxirous and "ruko" (shop-house). However between the target and sale realization lies a problem, that is no achievement between those two factors. This research aims to identify and to analise factors which influence the customers' judgement in choosing and buying houses and their satisfactions, to determine the developer's position based on the internal and external conditions to build a marketing strategy in order to improve the selling volume. Data collected for the research instrument are examined using validity and reability target, average hyphotesis test, ANOVA, and Chi Square test for customers' behaviour, while SWOT analysis is used to find out the company's competitive position. The conclusion from teh results is that in whole, jugdement for choosing and purchasing houses is determined by dimensions and elements of income, family burden, product, price, location, promotion, facilities and company's human resources. However, if it is tested per dimension, it appears that promotion is not decisive in choosing and purchasing houses. Customers' satisfaction has already been achieved and it is mainly determined by dimensions and elements of product, price, promotion, location, facilities and company's human resources, though if it is examined per dimension, customers are quite dissatisfied with theprice. Customers'consideration in choosing and purchasing houses and their satisfaction at simple and middle houses type show indifferent. Customer's satisfaction at both simple and middle house type have different satisfaction chance with dissatisfaction chance, opportunity and threat position (ETOP) of the company is located on speculative effort position, while SWOT of the company is on the divestation. Alternative strategies suggested are Defensive dan Offensive Strategies. Defensive Strategy is to increase customers'satisfaction, while Offensive Strategy used to seek customers is Market Challenger Strategy. ABSTRAK PT. Semarang Indah salah satu pengembang perumahan yang ada di Kotamadya Semarang, menghasilkan produk-produk rumah dengan tipe sederhana, sedang, mewah dan ruko (rumah toko). Antara target dan realisasi penjualan tidak tercapai. Masalah yang dihadapi adalah tidak tercapainya antara realisasi dan target penjualan Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pertimbangan konsumen memilih dan membeli rumah serta kepuasan konsumen, menentukan posisi pengembang berdasarkan kondisi internal dan eksternal untuk menyusun strategi pemasaran agar dapat meningkatkan volume penjualannya. Data yang terkumpul untuk instrumen penelitian diuji dengan uji validitas dan reabilitas, uji hipotesis nilai rata-rata, uji ANOVA, uji Kai Kuadrat untuk perilaku konsumen. Sedangkan analisis SWOT digunakan untuk mengetahui posisi persaingan perusahaan. Kesimpulan dari hasil penelitian didapat bahwa pertimbangan pemilihan dan pembelian rumah secara keseluruhan ditentukan oleh dimensi beserta atribut¬atribut dari pendapatan, beban keluarga, produk, harga, lokasi, prornosi, fasilitas dan sumber daya manusia perusahaan, narnun bila diuji per dimensi ternyata prornosi tidak menentukan dalam memilih dan membeli rumah. Kepuasan konsumen sudah tercapai dan secara keseluruhan ditentukan oleh dimensi besertaatribut-atribut dari produk, harga, promosi, lokasi, fasilitas dan sumber manusia perusahaan, namun bila diuji per dimensi temyata konsumen kurang puas terhadap harga. Pertimbangan konsumen dalam mernilih dan membeli rumah serta kepuasan konsumen untuk rumah tipe sederhana maupun rumah tipe sedang tidak ada perbedaan. Kepuasan konsumen untuk tipe rumah sederhana maupun rumah sedang mempunyai peluang puas yang tidak sama dengan peluang tidak puas, posisi peluang dan ancaman (ETOP) perusahaan terdapat pada posisi usaha spekulatif, posisi SWOT perushaan terdapat pada posisi divestasi. Alternatif strategi yang diusulkan adalah strategi Defensif dan Offensif. Strategi Defensif untuk men ngkatkan kepuasan konsumen. Sedangkan strategi Offensif yang digunakan untuk mencari konsumen adalah Strategi Penantang Pasar.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:9268
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:27 Apr 2010 09:38
Last Modified:27 Apr 2010 09:38

Repository Staff Only: item control page