ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN DAN PERILAKU BELANJA KONSUMEN DI PASAR SWALAYAN DI KOTAMADIA SEMARANG

DARMAYANTI , WINARNI (1997) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN DAN PERILAKU BELANJA KONSUMEN DI PASAR SWALAYAN DI KOTAMADIA SEMARANG. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2135Kb

Abstract

ABSTRACTION The better acceptance towards the existence of self service supermarket in community interests investors to invest their capital or to enlarge their network on this business. Bright competition this business supports the market executors to have supermarket which have their own plus value to interest the custumers. The observation is purposed to identify the factors which influence custumer on choosing the supermarket they visit. It is also to identify the considering factors for buying goods in the supermarket, and to know the shopping behavior of the custumer. The observation was done in five main supermarkets in Semarang of Sri Ratu, Matahari, Super Ekonomi, Gelael Citra Land and Ada. The population object in this observation were carrier women, home-mothers and girls visiting those above supermarkets. While the samples taken were 101 respondents with the taking method of quoted stratified random sampling. The analysis result by using SPSS program showed that there were 6 main factors which influence costumer on choosing the supermarket they visit, and there were 7 factors that become the main considering in choosing goods there. The factors were : the quality of goods, the price, the quickness of serviuce, the comfort of shopping, the hospitality of servants and cleanness of the place. If a supermarket has plus value on the above factors, i.e. offering the relatively-cheap price, the servants give faster service to the custumer, the better and more interesting comfort of shopping, the goods needed by the custumer is completely provided, the more hospital sevants, and the cleaner place of shopping, the custumer will choose to buy the goods on supermarket like this. Semakin diterimanya eksistensi pasar swalayan di masyarakat membuat banyak investor tertarik untuk menanamkan modalnya ataupun memperluas jaringan dalam bisnis tersebut. Maraknya persaingan bisnis ini mendorong pihak pengelola pasar swalayan untuk mempunyai pasar swalayan yang memunyai kelebihan tersendiri untuk menarik konsumennya. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memilih pasar swalayan yang dikunjunginya, mengidentifikasi faktor¬faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli barang di pasar swalayan dan mengetahui perilaku belanja konsumen. Penelitian dilakukan di lima pasar swalayan yang ada di Kotamadia Semarang yaitu, Sri Ratu, Matahari, Super Ekonomi, Gelael Citra Land dan Ada. Populasi dalam penelitian ini adalah wanita bekerja, ibu rumah tangga dan remaja putri yang berkunjung di pasar swalayan. Sedangkan jumlah sampel yang diambil sebanyak 101 resonden, dengan pengambilan sampel dengan metode sampling acak berlapis terbatas. Dan hasil analisis dengan menggunakan paket program SPPSS menunjukkan bahwa ada enam faktor utama yang mempengaruhi konsumen dalam memilih pasar swalayan yang dikunjunginya dan ada tujuh faktor yang menjadi pertimbangan utama dalam membeli barang di pasar swalayan. Adapun faktor-faktor tersebut adalah faktormutu barang, faktor harga barang, faktor kecepatan pelayanan, faktor kenyamanan berbelanja, faktor keramahan dari pelayan/pramuniaga dan faktor kebersihan tempat. Apabila suatu pasar swalayan mempunyai kelebihan pada faktor-faktor di atas seperti menawankan harga jual relatif murah, pelayanannya memberikan tanggapan yang lebih cepat kepada konsumen, kenyamanan berbelanja yang lebih baik dan menarik, kelengkapan barang-barang yang diperlukan konsumen juga lebih komplit, layanan yang ramah dan kondisi ruangan yang tampak bersih maka konsumen akan memilih dan membeli barang kebutuhannya di pasar swalayan

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:9263
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:27 Apr 2010 09:17
Last Modified:27 Apr 2010 09:17

Repository Staff Only: item control page