Hubungan Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Dengan Kepuasan Klien Dalam Mendapatkan Pelayanan Keperawatan di Instalasi Gawat Darurat RSUD Dr Soedarso Pontianak Kalimantan Barat

Darmawan, Ibnu (2009) Hubungan Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Dengan Kepuasan Klien Dalam Mendapatkan Pelayanan Keperawatan di Instalasi Gawat Darurat RSUD Dr Soedarso Pontianak Kalimantan Barat. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
137Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGORO JANUARI 2009 ABSTRAK Ibnu Darmawan “Hubungan Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Dengan Kepuasan Klien Dalam Mendapatkan Pelayanan Keperawatan di Instalasi Gawat Darurat RSUD Dr Soedarso Pontianak Kalimantan Barat” Xiv + 63 halaman + 33 lampiran Komunikasi terapeutik merupakan salah satu cara untuk memberikan informasi yang akurat dan membina hubungan saling percaya dengan klien sehingga klien akan merasa puas dengan pelayanan keperawatan yang diterimanya. Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Dr Soedarso Pontianak Klimantan Barat Perawat sudah melakukan / Melaksanakan komunikasi terapeutik berdasarkan kebiasaan / rutinitas dalam bekerja sehari-hari, akan tetapi belum memperhatikan tehnik-tehnik dan tahapan baku komunikasi terapeutik yang baik dan benar. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hubungan antara pelaksanaan komunikasi terapeutik dengan tingkat kepuasan klien dalam mendapatkan pelayanan keperawatan Di IGD RSUD Dr. Soedarso. Penelitian ini adalah penelitian diskriptif korelasional dengan rancangan penelitian CROSS SECTIONAL, yang menggunakan total sampel untuk mengetahui pelaksanaan komunikasi terapeutik oleh perawat dan melihat tingkat kepuasan klien dengan cara kuota sampling dengan jumlah responden yang sesuai kriteria inklusi sebanyak 108 orang. Hasil yang disajilkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan dianalisa dengan menggunakan uji statistik Chi-square test dengan taraf signifikasi (a = 0.05). Dari hasil kuesioner perawat yang melaksanakan komunikasi terapeutik (54.6 %), Berdasarkan kuesioner tentang kupuasan klien selama dirawat klien merasa puasl (66.7 %). Hubungan tingkat kepuasan tentang komunikasi, berdasarkan hasil uji Chi-Square diperoleh p=0.000 (p< 0.05) ), Sedangkan hubungan tingkat kepuasan dengan komunikasi pada tahap orientasi berdasarkan hasil uji Chi-Square p=0.002 (p<0.05), pada tahap kerja didapatkan hasil uji Chi-Square p=0.023 (p<0.05) dan hubungan tingakat kepuasan dengan komunikasi pada tahap terminasi didapatkan hasil uji Chi-Square p=0.002 (p<0.05) Sebagian besar perawat di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soedarso Pontianak sudah melaksanakan komunikasi terapeutik dan kepuasan klien tentang pelayanan keperawatan adalah puas, ada hubungan yang bermakna antara pelaksanaan komunikasi terapeutik dengan tingkat kepuasan klien tentang pelayanan keperawatan. Bagi perawat selalu meningkatkan profesionalisme dan memberikan pelayanan kepada klien khususnya cara melaksanakan komunikasi terapeutik secara benar. Kata Kunci: Komunikasi terapeutik, Kepuasan Klien, Hubungan Daftar Pustaka : 19 ( 1998 - 2007 ) xvi Nursing Study Program Medical Faculty Diponegoro University January, 2009 ABSTRACT Ibnu Dermawan "The correlation implementation of therapeutic communication with client satisfaction in get nursing service at emergency unit of dr. Soedarso hospital of Pontianak Kalimantan Barat" xiv + 63 pages + 33 enclosures Therapeutic communication was one of the way to give accurate information and will build believe connection one another with client so that client will felt satisfied with nursing care that accepted. At emergency unit of dr. Soedarso regional hospital of Pontianak Kalimantan Barat nurse has done / carry out therapeutic communication based on habit / routinely in work everyday, but not yet give attention to techniques and standard level of therapeutic communication that good and correct. Objective of the research was to know correlation between implementation of therapeutic communication with client satisfaction level in get nursing care at emergency unit of dr. Soedarso regional hospital. This research was descriptive correlation with research program of cross sectional, that use total sample to know implementation of therapeutic communication by nurse and see client satisfaction level by quota sampling with number of respondent according to inclusion criteria as much as 108 persons. Result presented in the form of frequency distribution table and analyzed by using statistics of chi-square test with significant standard (= 0,05). From result of questionnaire got nurse that carry out therapeutic communication (54,6%). Based on client satisfaction level during cared client felts satisfied (66,7%). Correlation of satisfaction level about communication, based on result of chi-square test got p = 0,000 (p<0,05, while correlation of satisfaction level with communication in orientation level based on result of chi-square test p = 0,023 (p < 0,05) and correlation of satisfaction level with communication in termination level got result of chi-square test p = 0,002 (p < 0,05). a large number of nurse at emergency unit of dr. Soedarso regional hospital of Pontianak already carry out therapeutic communication and client satisfaction about nursing care was satisfied, there is significant correlation between implementation of therapeutic communication with client satisfaction level about nursing care. For nurse always improve professionalism and give caring to client especially by correctly implement of therapeutic communication. Keywords : therapeutic communication, client satisfaction, correlation Bibliography : 19 (1998-2007) xvii

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:9243
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:27 Apr 2010 08:17
Last Modified:27 Apr 2010 08:17

Repository Staff Only: item control page