KUNTJORO, WURYANTI (1996) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN POLIS ASURANSI KERUGIAN PADA PT (PERSERO) ASURANSI KERUGIAN JASA RAHARJA CABANG SEMARANG. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 1943Kb |
Abstract
ANALYSIS OF MARKETING STRATEGY LOST INSURANCE AT PT JASA RAHARJA INSURANCE SEMARANG BRANCH ABSTRACT This research has the obyective of investigating marketing mix strategy involving price, promotion and distribution to achive selling target or premium receive of PT Jasa Raharja Lost Insurance Semarang Branch. The instrument of the analysis used in this research are both quantitative and qualitative in nature. The quantitaitive analysis used Multiple Lineair Regression; mean while the qualitative analysis was done using SWOT analysis. The research results pointed out that price, promotion activity, distribution/sum of agent had strong positif influence for accounplishing sales target or premium insurance increasing. The SWOT analysis showed that PT Jasa Raharja Lost Insurance from Industries Atractivenes Matrix (MDTI) the market firm position in invest/ growth, this showed that bussines unit had large bissnis opportunity and in the same time had a competitive advantage. Therefore it assumed to be developing. The strengths were, the distributed of operational offices, the experiences of marketing staff condition, educational development for marketing staff, good companies and finance image. While the opportunity were the increase of economic condition, the high of populations increasing it should be give the aworness insurance increasing, the increase of life expectation/improve the nutrient of the Indonesian people and goverment regulation to foreign companies restracted in national insurance market. The market policy of PT Jasa Raharja had to be done with more consideration and taking notice to many customer desires on each market segmen appropriate with their income and the market competition are becoming more and more critical at the service insurance industry. The strategy used was the combination of price, promotion and distribution. Eventhough the received insurance premium performance appeared continously increasing from year 1991-1995, but 2 years later that prosentage of received premium increasing showed decrease. In order to achieve the sale target it needs several additional steps strategies to marketing lost insurance policy. The companies must be able to estimate and project either the internal environment or external enviroment. The internal environment were the strengths and weakness while the external environment were the opportunities and threats which companies faced. From those enviroment. the firm management should formulated strategy and do the resources allocation effectively. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing mix yang meliputi Harga, Promosi dan distribusi untuk mencapai target/meningkatkan volume penjualan/penerimaan premi asuransi pada PT. (Persero) Asuransi Kerugian Jasa Raharja Cabang Semarang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif yaitu dilakukan dengan regresi linier berganda. Sedangkan analisis kualitatif dilakukan dengan SWOT. Hash l penelitian ini menunjukkan bahwa harga jual, aktivitas promosi saluran distribusi/jumlah agen balk secara partial maupun simultan memberikan pengaruh yang positif dalam nnencapai target atau meningkatkan volume penjualan/penerimaan premi asuransi. Dan i analisis SWOT di ketahui bahwa pada PT. (Persero) Asuransi Kerugian Jasa Raharja, di lihat dari Matrix Daya Tank Industri (MDT!), nampak bahwa Posisi Pemasaran Perusahaan ada pada Invest/Growth ini menunjukkan unit usaha tersebut memiliki peluang bisnis yang amat jelas dan di saat yang sama juga memiliki kekuatan (keunggulan) bersaing. Oleh karena itu di perkirakan akan dapat terus berkembang. Kekuatan-kekuatan tersebut adalah tersebarnya kantor-kantor operasional, kondisi staf pemasaran yang berpengalaman, pengembangan staf bagian pemasaran dengan pendidikan-pendidikan, image perusahaan yang baik dan keuangan yang cukup kuat, sedangkan peluangnya adalah kondisi perekonomian yang meningkat, bertambahnya penduduk akan berdampak antara lain, meningkatnya kesadaran berasuransi di kalangan masyarakat, meningkatnya harapan hidup/perbaikan gizi penduduk Indonesia serta Peraturan Pemerintah membatasi masuknya perusahaan asing dalam pasar asuransi nasional. Kebijaksanaan pemasaran PT. Asuransi Jasa Raharja dilakukan dengan pertimbangan dan memperhatikan kemauan calon nasabah yang berbeda-beda sesuai dengan pendapatannya, dan persaingan yang semakin tajam dalam bidang industri jasa asuransi. Strategi yang digunakan adalah dengan mengkombinasikan variabel harga, promosi dan distribusi. Meskipun nampaknya prestasi penerimaan premi asuransi terus meningkat dari tahun 1991-1995, akan tetapi selama 2 tahun terakhir prosentase kenaikan penerimaan premi menunjukkan penurunan, agar prestasi tersebut dapat mencapai target penjualan/program atau rencana perusahaam diperlukan langkah-langkah dan strategi dalam pemasaran polis asuransi kerugian. Untuk melakukannya perusahaan harus mampu mengestimasi dan memproyeksikan balk kondisi intern maupun ekstern yang akan mempengaruhi aktivitas perusahaan. Kondisi intern adalah • kekuatan dan kelemahan perusahaan, sedangkan kondisi ekstren adalah peluang dan ancaman yang di hadapi perusahaan. Dan i kondisi perusahaan itu manajemen merumuskan strategi yang tepat dan mengalokasikan sumber-sumber secara efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 9241 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 27 Apr 2010 08:10 |
Last Modified: | 27 Apr 2010 08:10 |
Repository Staff Only: item control page