RIYADI , RIYADI (1996) PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN MESIN DIESEL PT. KUBOTA INDONESIA SEMARANG. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 2369Kb |
Abstract
Title: Developing Marketing strategy of diesel engine at Kubota Indonesia Corporation This thesis has formulated a major problem about Kubota's lower market share. The objective of this research is to formulate marketing strategy which can be applied at Kubota Indonesia Corporation to increase market share. From external environment aspect, the company can be identified as a company with (facing) high threat and high opportunity. Whereas, internal strength and weakness can be identified as a favourable position. Investment or growth strategy through product development, market development, backward integration and concentric diversification could be implemented. Regression output shows that number of product variety has negatif sign, so for some types of product left by the customer must be dropped. The company necessary to produce lower quality diesel engine with low price and special brand for example "Kubota Ekonomi", "Kubota Junior", "Kubota Tani" Price is inelastic, so the policy of maintaining price could be done. Promotion policy is to allocate more promotion budget for personal selling and switches advertising media currently used (newspaper and radios) to television media. Distribution policy should be directed to East Indonesia Region. To support product development at short term the company must get raw material in low price, so that it can be sold in low price too. Spontaneously, the goal to attack competitor's product is accessible. At long term, backward integration strategy will support product development strategy. Concentric diversification strategy with market segment in agriculture field, will give positif sinergy to sell Kubota's diesel engine. Tesis ini mengambil kajian bidang fungsional pemasaran dengan pokok masalah rendahnya pangsa pasar yang dikuasai oleh PT Kubota Indonesia. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk merumuskan pengembangan strategi pemasaran agar dapat digunakan oleh PT Kubota Indonesia sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan pangsa pasar. Dengan menggunakan analisis posisi SWOT, perusahaan dapat diidentifikasikan dalam lingkungan eksternal yang memiliki tingkat ancaman yang tinggi dan memiliki tingkat peluang yang tinggi, sehingga dikategorikan dalam lingkungan usaha spekulatif. Sementara kondisi internal memiliki posisi relatif aman (favourable). Oleh karenanya strategi yang dapat direkomendasikan adalah strategi pertumbuhan atau sering disebut juga strategi investasi dengan implementasi: pengembangan produk, perluasan pasar, integrasi ke belakang dan diversifikasi konsentrik. Hasil perhitungan regresi menunjukkan bahwa elastisitas variasi produk bertanda negatif, oleh karenanya untuk type- type produk yang sudah mulai ditinggalkan konsumen sebaiknya secara bertahap tidak perlu diproduksi. Sebagai penggantinya perlu diproduksi mesin dengan tingkatan kualitas rendah dan harganya murah misalnya dengan merk Kubota Ekonomi atau Kubota Yunior atau Kubota Tani Sedangkan perubahan harga bersifat inelastis, oleh karenanya tingkat harga untuk produk lama dipertahankan. Kebijakan promosi yang direkomendasikanadalah dengan mengalihkan dana proMosi yang lebih besar ke personal selling dan perlu mengganti media iklan dari yang sekarang hanya surat kabar dan radio ke media televisi. Sedangkan kebijakan distribusi melalui penambahan dealer dan toko lebih menekankan pada penyebaran ke wilayah Indonesia Timur (IBT) Untuk mendukung strategi pengembangan produk diperlukan terobosan-terobosan untuk mendapatkan komponen yang murah, sehingga harga jualnya juga murah. Dengan demikian perusahaan akan mampu menyerang produk pesaing. Dalam jangka panjang strategi integrasi ke belakang yang menghasilkan komponen mesin diesel dengan berbagai tingkatan kualitas sangat mendukung strategi pengembangan produk tersebut_ Sedangkan strategi diversifikasi konsentris dengan konsentrasi segmen pasar bidang pertanian, melalui pemanfaatan "brand image" Kubota diharapkan mampu memberikan sinergi yang positif terhadap penjualan mesin diesel Kubota.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 9240 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 27 Apr 2010 08:07 |
Last Modified: | 27 Apr 2010 08:07 |
Repository Staff Only: item control page