STRATEGI PEMASARAN PT. ARJUNA PRADA PEKALONGAN

LAKSONO , MUDJI (1996) STRATEGI PEMASARAN PT. ARJUNA PRADA PEKALONGAN. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1775Kb

Abstract

ABSTRACT The thesis entitled Marketing Strategy of PT Arjuna Prada (APP) with background the fluctuative of Batik sales volume decreased. It is aimed to define marketing strategies which could be adapted by PT APP as an alternative to increase their sales volume. Based on SWOT analysis, it could be identified that company is within external environment whose high threat and low opportunity, so it was categorized trouble business. Internal marketing condition stood at tenable position. It was recommended that divest strategy with internal divest. The implementation toward marketing mix consisting product policy by maintaining product quality, increasing product design, increasing brand mark popularity, maintaining motive and to leave batik printing. Price policy by maintaining price and term of payment. Promotion policy by selecting more effective media advertisement, allocating more budget for sales promotion. Distribution policy with switching to more effective outlet/retail and maping potential market area. ABSTRAK Tesis berjudul Strategi Pemasaran PT Arjuna Prada Pekalongan dilatar belakangi oleh fluktuasi volume penjualan batik yang prosentase kenaikan cenderung menurun. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran yang diharapkan dapat digunakan oleh PT Arjuna Prada sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kenaikan volume penjualan. Atas dasar analisis SWOT, perusahaan dapat diidentifikasikan dalam lingkungan eksternal yang memiliki tingkat ancaman tinggi dan tingkat peluang rendah, sehingga dikategorikan dalam lingkungan usaha gawat (trouble). Sedangkan kondisi internal pemasaran pada posisi bertahan (tenable). Strategi yang dapat direkomendasikan adalah strategi pengurangan dengan penciutan internal. Implementasi terhadap bauran pemasaran meliputi kebijakan produk dengan mempertahankan kualitas produk, meningkatkan desian produk, meningkatkan popularitas merk dan mempertahankan corak serta meninggalkan batik cap. Kebijakan harga dengan mempertahankan harga dan termin pembayaran yang telah dilakukan. Kebijakan promosi dengan memilih media yang lebih efektif dan mengalokasikan biaya promosi penjualan yang lebih besar. Kebijakan distribusi dengan mengalihkan batik pada toko/penyalur yang lebih efektif dan melakukan pemetaan daerah pemasaran potensial.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:9236
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:27 Apr 2010 07:53
Last Modified:27 Apr 2010 07:53

Repository Staff Only: item control page