ANALYSIS KARAKTERISTIK KONSUMEN SEBAGAI DASAR PERENCANAAN STRATEGY PEMASARAN KARTU HALO TELEPON GENGGAM PADA PT. TELKOMSEL SEMARANG TESIS

MARLIEN , MARLIEN (1996) ANALYSIS KARAKTERISTIK KONSUMEN SEBAGAI DASAR PERENCANAAN STRATEGY PEMASARAN KARTU HALO TELEPON GENGGAM PADA PT. TELKOMSEL SEMARANG TESIS. Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO .

[img]
Preview
PDF - Updated Version
2566Kb

Abstract

ABSTRAK Telepon genggam merupakan produk mutakhir yang baru dikenal oleh masyarakat Indonesia. Walaupun keberadaannya sudah sejak tahun 1986, tetapi baru akhir-akhir ini telepon genggam diminati oleh banyak kalangan. Khususnya di Semarang telepon genggam baru dipasarkan akhir bulan Desember 1995, walaupun baru dipasarkan beberapa bulan tariggapan masyarakat terhadap produk ini sangat menggembirakan. Tujuan penelitian pasar terhadap konsumen telepon genggam ini adalah untuk mengetahui gambaran karakteristik konsumen yang menggunakan telepon genggam di kota Semarang. Dengan memfokuskan pada faktor Demografi dimana variabel yang digunakan adalah Pendidikan, Pekerjaan, Usia dan Pendapatan. Faktor demografi merupakan faktor yang sangat menentukan keberhasilan memasarkan suatu produk. Karena faktor ini berkaitan dengan faktor kependudukan yaitu pertumbuhan, mortalitas, pendapatan, pekerjaan dan lain-lain. Dad hasil regresi variabel-variabel tersebut di atas terhadap pola permintaan kartu Halo telepon genggam, ternyata faktor pendapatan masih merupakan faktor yang dominan. Hal ini sesuai dengan fakta di lapangan bahwa mayoritas pengguna jasa kartu Halo adalah kalangan yang berpendapatan di atas rata-rata. Faktor pekerjaan juga merupakan faktor yang sangat signifikan terhadap permintaan kartu Halo. Menurut hasil penelitian pengguna dari kalangan wiraswasta sangat signifikan. Ini membuktikan bahwa yang menggunakan telepon genggam dengan kartu Halo adalah kalangan bisnis. Dad hasil sementara ini pihak perusahaan dapat merencanakan program pemasaran terhadap pegawai negeri dan pegawai swasta. Bila ditinjau dari faktor usia juga menunjukan signifikansi, hal ini menunjukan bahwa yang menggunakan jasa ini adalah mereka yang sudah

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
ID Code:9225
Deposited By:Ms upt perpus3
Deposited On:27 Apr 2010 18:26
Last Modified:27 Apr 2010 18:26

Repository Staff Only: item control page