DJEMBER, KETUT (1996) ANALISIS EFEKTIVITAS INSTRUMEN PEMASARAN BANK NIAGA DALAM MENINGKATKAN DANA MASYARAKAT. Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO .
| PDF - Published Version 2386Kb |
Abstract
ABSTRAK Tesis ini disusun dengan obyek penelitian pada Bank Niaga. Permasalahan dalam penelitian ini adalah relatif masih kecilnya pangsa pasar yang dikuasai oleh Bank Niaga dalam menghimpun dana masyarakat yang berbentuk giro, tabungan dan deposito. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas kebijakan marketing mix, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan serta ancaman dan peluang dalam menghimpun dana masyarakat. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk merumuskan strategi pemasaran sebagai alternatif dalam meningkatkan pangsa pasar dana masyarakat. Hasil analisis regresi berganda atas variabel suku bunga riil, biaya promosi relatif terhadap total biaya dan biaya distribusi relatif terhadap total biaya dengan variabel jumlah dana masyarakat yang dihimpun menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut secara nyata mempengaruhi perolehan dana masyarakat. Variabel promosi memiliki pengaruh yang paling besar dalam mempengaruhi perolehan dana masyarakat. Berdasarkan analisis ETOP, Bank Niaga dapat diidentifikasikan dalam lingkungan eksternal yang memiliki tingkat ancaman yang cukup rendah dan memiliki tingkat peluang yang tinggi, sehingga dikategorikan dalam lingkungan usaha ideal. Sementara dengan analisis SAP Bank Niaga dapat diidentifikasikan pada posisi kuat (strong). Oleh karena itu berdasarkan matriks SWOT pilihan strateginya adalah strategi pertumbuhan atau sering disebut juga strategi investasi dengan strategi dasarnya: perluasan pasar secara geografis dan diferensiasi produk giro, tabungan, deposito berjangka & sertifikat deposito. Untuk mendukung strategi tersebut diperlukan implementasi terhadap kebijakan promosi dengan peningkatan iklan melalui televisi, kebijakan distribusi dengan penambahan kantor cabang baru pada daerah yang potensill serta peningkatan pelayanan kepada nasabah melalui jaringan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
ID Code: | 9223 |
Deposited By: | Ms upt perpus3 |
Deposited On: | 27 Apr 2010 18:26 |
Last Modified: | 27 Apr 2010 18:26 |
Repository Staff Only: item control page