EVALUASI STRATEGI ALIANSI DENGAN PERUSAHAAN PESAING PADA INDUSTRI JASA Pos studi kasus pada PT Pos Indonesia (Persero)

Sidharta, Genta (2001) EVALUASI STRATEGI ALIANSI DENGAN PERUSAHAAN PESAING PADA INDUSTRI JASA Pos studi kasus pada PT Pos Indonesia (Persero). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
3063Kb

Abstract

ABSTRACT The more competition in the business world today, has forced the companies to conduct many kinds of competing strategies in order to get a role as the market leader. One of the way that is assumed will work effectively to deal with the issue is by making alliance strategy among the competing companies. This can be an alternative strategy for the company to anticipate competition by evaluating process to the results of the alliance. But how far the success of alliance strategy is able to anticipate the competition effectively? Past researches has been done to a number of companies in manufacturing industry in United States and Europe. The results showed that there were significant differences in choosing the alliance types with the results gained by them. Evaluation from the results of alliance strategy is meant as an indicator to choose the alliance types for the next strategy planning. Meanwhile, research to companies in service industry has never been conducted in the past. With those reasons, this research is conducted to study the same issue in the postal service in Indonesia. The data used in this research is collected from the mailing survey results from 67 postal offices that consist of 11 postal region offices and 56 post offices from all the provinces in Indonesia. The analysis technique used to process the data in this research is the chi-square-test. The results of this research show that alliance strategy with the competitor in postal service industry has some significant differences in choosing the types of the alliance with the results showed by the development of the alliance, consequences to the competitors and also the effect of the competition. From the evaluation process to the results of the alliance conducted, the company may anticipate the competition by choosing the best alternative of the alliance types in order to get an effective result that fits with the purpose of making the alliance strategy. Therefore, the company can create a synergy that will increase the company's performance in facing the competition in postal service product industry in Indonesia. ABSTRAKSI Semakin ketatnya persaingan dalam dunia bisnis pada dewasa ini telah memaksa perusahaan-perusahaan untuk melakukan berbagai macam strategi bersaing agar dapat berperan sebagai pemimpin pasar. Salah satu cara yang dianggap efektif dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan membentuk strategis aliansi diantara perusahaan-perusahaan pesaing. Hal ini dapat dijadikan sebagai suatu alternatif strategi perusahaan yang mampu mengantisipasi persaingan dengan cara melalui proses evaluasi terhadap hasil¬hasil dari aliansi tersebut. Namun sampai sejauh manakah keberhasilan strategi aliansi tersebut mampu untuk mengantisipasi persaingan secara efektif ? Penelitian terdahulu telah dilakukan terhadap beberapa perusahaan yang berada dalam industri manufaktur di kawasan Amerika dan Eropa. Hasil penelitian tersebut menunjukkan terdapatnya perbedaan yang signifikan antara pemilihan tipe aliansi dengan basil-basil aliansi yang dicapainya. Evaluasi dari hasil-hasil strategi aliansi dimaksud digunakan sebagai indikator untuk pemilihan tipe-tipe aliansi pada perencanaan strategi selanjutnya. Sedangkan penelitian terhadap perusahaan¬perusahaan dalam industri jasa selama ini belum pernah dilakukan. Dengan Masan tersebut, maka penelitian ini dilakukan untuk meneliti permasalahan yang sama pada industri jasa pos di Indonesia. Data yang digunakan untuk melengkapi penelitian ini dihimpun dari basil survey melalui melalui surat yang berasal dari 67 kantor yang terdiri dari 11 kantor wilayah usaha pos dan 56 kantor pos dari seluruh propinsi di Indonesia. Tehnik analisis yang digunakan untuk melakukan pengolahan data dalam penelitian ini digunakan alat uji statistik yaitu Chi-square test. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dalam strategi aliansi dengan perusahaan pesaing pada industri jasa pos ternyata terdapat perbedaan yang signifikan antara pemilihan tipe-tipe aliansi dengan hasil-hasil aliansi yang ditunjukkan oleh perkembangan aliansi, konsekuensi terhadap perusahaan pesaing serta dampak terhadap persaingan. Dart proses evaluasi evaluasi terhadap hasil¬hasil aliansi yang dilakukan, maka perusahaan dapat mengantisipasi persaingan dengan cara pemilihan terhadap beberapa altematif tipe aliansi yang tepat sehingga dapat mencapai hasil yang efektif sesuai dengan tujuan pembentukan strategi aliansi tersebut. Dengan demikian perusahaan dapat membentuk suatu sinergi yang dapat meningkatkan kinerja perusahaan dalam menghadapi persaingan pada industri produk jasa pos di Indonesia.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:9192
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:23 Apr 2010 11:42
Last Modified:23 Apr 2010 11:42

Repository Staff Only: item control page