ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN EKSPOR MELALUI PENGEMBANGAN FAKTOR-FAKTOR INTERNAL Studi Pada Industri Mebel Kecil dan Menengah di Kabupaten Jepara

Mustofa, Nur Chasan (2001) ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN EKSPOR MELALUI PENGEMBANGAN FAKTOR-FAKTOR INTERNAL Studi Pada Industri Mebel Kecil dan Menengah di Kabupaten Jepara. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
3027Kb

Abstract

ABSTRACT The small and medium scale industries have the important role for the regional and national economy. Therefore the small scale industries need of concern and it can be further developed. One of the small and medium scale industries which has good development is the furniture industry in Jepara Regency. It is indicated by increase of wood carving furniture products year by year. It has the background of one condition that Jepara furniture export may further expanded so the development of the enterprise is significant enough. In order to test how the role of the internal factors of the enterprise and its influence for export success, so the aim of this research is finding out how the influence of the characteristic factors of the enterprise, organizational structure, export attitude, export planning and strategy to get export success. This research is expected giving the thinking contribution about management particularly in small and medium scale industry and also for the practitioners in running the furniture enterprise in Jepara. The object of the research is the small and medium scale furniture entrepreneurs in Jepara Regency. The primary data used in the research are got by interview and using questionnaire which previously have been tested the reliability and validity. The tool of analysis is the Structural Equation Model (SEM). It aim to analyze of confirmatory factors and testing causality among variables to test the research hypothesis which are proposed. The result of the research shows that from eight hypothesis are proposed, four of them are proved and the others are not proved. In testing the overall model, the model show the degree of goodness of model is adequate fit. It is based on the values of P = 0.251, GFI = 0.867, AGFI = 0.833, TLI = 0.989, CFI = 0.990, RMSEA = 0.024 and CMIND/DF = 1.065. It is expected from the research, that the furniture entrepreneurs in Jepara raise the export ability through improvement of the enterprise attitude and commitment to encounter export activities. Besides that it is necessary to improve the implementation of the international marketing strategy by recognize the sales environment ABSTRAKSI Peran industri kecil dan menengah bagi perekonomian daerah maupun nasional adalah penting. Hal ini menjadikan industri kecil perlu diperhatikan dan dapat Iebih dikembangkan. Salah satu industri kecil dan menengah yang memiliki perkembangan yang balk adalah industri mebel di Kabupaten Jepara. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya ekspor produk kayu ukir atau mebel dari tahun ke tahun. Dengan berlatar belakang satu kondisi bahwa ekspor mebel Jepara masih dapat dikembangkan lagi, maka pengembangan perusahaan menjadi satu hal yang cukup penting. Untuk dapat menguji bagaimana peran faktor-faktor internal perusahaan dalam memberi pengaruh bagi keberhasilan ekspor, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor-faktor karaktenstik perusahaan, struktur organisasi, export attitude, perencanaan ekspor dan strategi ekspor terhadap sukses ekspor. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran mengenai ilmu manajemen khususnya industri kecil dan menengah serta bagi para praktisi dalam pengelolaan perusahaan mebel di Jepara. Obyek penel tian adalah para pengusaha mebel kecil dan menengah di Kabupaten Jepara. Data primer yang digunakan untuk penelitian diperoleh dengan wawancara yang menggunakan daftar pertanyaan yang sebelumnya telah diuji reliabilitias dan validitasnya. Alat analisis yang digunakan adalah Structural Equation Mode/ (SEM), dengan tujuan untuk menguji konfirmatori dan menguji hubungan kausalitas antar variabel untuk uji hipotesis penelitian yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari delapan hipotesis yang diajukan, empat hipotesis dapat dibuktikan dan empat hipotesis Iainnya tidak terbukti. Pada pengujian model keseluruhan, model menunjukkan tingkat kebaikan model yang cukup balk (adequate fit), yang didasarkan pada nilai-nilai P = 0.251, GFI = 0.867, AGFI =0.833, TLI = 0.989, CFI = 0.990 RMSEA =10.024 dan CMIN/DF = 1.065. Dad hasil penelitian ini diharapkan agar pars pengusaha mebel di Jepara dapat meningkatkan kemampuan ekspornya melalui peningkatan komitmen perusahaan dalam menghadapi kegiatan ekspor. Selain itu perlu ditingkatkan juga penerapan strategi pemasaran intemasional dengan mengenali lingkungan pemasaran yang ade.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:9188
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:23 Apr 2010 11:35
Last Modified:23 Apr 2010 11:35

Repository Staff Only: item control page