ANALISIS PENGEMBANGAN MODEL INTERAKSI LAYANAN RUMAH SAKIT STUDI EMPIRIS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH AMBARAWA

Nitaviyana, Vissia (2001) ANALISIS PENGEMBANGAN MODEL INTERAKSI LAYANAN RUMAH SAKIT STUDI EMPIRIS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH AMBARAWA. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
5Mb

Abstract

ABSTRACT Chandon (1996), asserts that service encounter will give superiority and will impact the repetition purchase and promotion by any way to spread the positive information mouth by mouth. In his study, Chandon (1996) tried to explore any attributes influencing the service encounter between consumer and service provider. This study improved a perfected service encounter model by examining the impact of service encounter to the loyalty. To answer the question in this study, it was developed a model which seven hypothesis that would be examined. Data from 100 respondents from Rumah Sakit Umum Daerah Ambarawa was analyzed with Structural Equation Model (SEM) analysis by using AMOS 4.0 program. The result of this study are: understanding patient positively affected service encounter; courtesy positively affected service encounter; security positively affected service encounter; understanding patient positively affected trust; trust positively affected service encounter; service encounter positively affected loyalty and trust positively affected loyalty. Recent study also related the result with theoretical and managerial implication. Limitation of this study and future agenda can be used as a reference by next researchers. ABSTRAKSI Chandon (1996) menyatakan bahwa interaksi yang balk akan memberikan suatu keunggulan dan akan berpengaruh dalam pengulangan pembelian dan promosi dengan penyebaran informasi positif dari mulut ke mulut. Dalam penelitiannya, Chandon (1996) mencoba menggali beberapa atribut yang mempengaruhi interaksi Iayanan antara konsumen dengan penyedia jasa. Dalam penelitian ini dikembangkan model interaksi Iayanan yang telah disempurnakan yaitu menguji pengaruh interaksi layanan terhadap loyalitas pasien. Untuk menjawab penelitian ini dikembangkan tujuh hipotesis yang akan diuji. Data berasal dad 100 responden di Rumah Sakit Umum Daerah Ambarawa dengan menggunakan analisis SEM pada program AMOS 4.0. Hasil dad penelitian ini adalah: Kemampuan Memahami Pasien berpengaruh secara positif terhadap interaksi Iayanan; keramahan berpengaruh secara positif terhadap interaksi layanan; kemampuan memberi rasa aman berpengaruh secara positif terhadap interaksi layanan; kemampuan memahami berpengaruh secara positif terhadap kepercayaan; kepercayaan berpengaruh secara positif terhadap interaksi layanan; interaksi Iayanan berpengaruh secara positif terhadap loyalitas dan kepercayaan berpengaruh secara positif terhadap loyalitas. Akhir dari penelitian ini juga menghubungkan antara basil penelitian dengan implikasi teoritis dan manajerial. Keterbatasan penelitian dan agenda penelitian mendatang dapat dijadikan referensi bagi peneliti selanjutnya.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:9146
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:23 Apr 2010 09:48
Last Modified:23 Apr 2010 09:48

Repository Staff Only: item control page