HARIYANTO, MERRY (2002) ANALISIS PENGARUH FAKTOR LINGKUNGAN PERSAINGAN DAN KOMITMEN SUMBER DAYA TERHADAP PERTUMBU'HAN PENJUALAN MELALUI ORIENTASI STRATEGI DAN INOVASI PRODUK Studi Kasus pada Industri Farmasi dan Industri Jamu di Jawa Tengah ). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 3121Kb |
Abstract
ABSTRACT Product innovation is an essential part to long-run corporate health. Innovation performance was not only determined by how the strategy implementation and evaluation were done, but also be determined by the strategic development process. This research particularly examines the influence of competitive environment factor and resource commitment as critical component of strategy planning process for strategic orientation, the influence of strategic orientation for product innovation, and the influence of product innovation for sales growth. The respondents of this study are from management of pharmaceutical and medicinal herbs industry in Central Java ( Plant Manager level and above ). Data was analyzed with Structural Equation Model ( SEM ) by using AMOS 4.01 program. The result of this research can be concluded that the competitive environment factor and the resource commitment have positive influence with corporate strategic orientation, also there is a positive influence between corporate strategic orientation with product innovation, then product innovation with sales growth. At the end of this research is to connect the result of the research to the theoretical and managerial implication. Limitation of this research and agenda of the future research can be used as a reference by next researches. ABSTRAKSI Inovasi produk maupakan bagian esensial yang menentukan kelangsungan hidup suatu perusahaan dalam jangka panjang. Kinerja inovasi tidak semata-mata ditentukan oleh bagaimana implamentasi dan evatuasi strategi dilakukan, tetapi juga ditentuhm oleh proses yang menyertai pengembangan strategi its Penelitian ini secara khusus meneliti pengaruh faktor lingkungan persaingan dan Icomitmen sumber daya yang merupakan komponen hitfical proses paencanaan strategi tatadap orientasi stmtegi, pengaruh orientasi strategi terhadap inovasi pmduk, dan pengaruh inovasi pmduk terhadap pertumbuhan penjualan. Responden dalam penelitian ini atlatah plink manajemen ( tingkat Plant Manager dan tingkat di atas Plant Manager ) pausahaan fannasi dan pausahaan jamu di Jawa Tengah. Data dismal-lc* dengan Structural Equation Model (SEM ) dari program AMOS 4.01. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara faktor lingkungan pasaingan dan komitmen sumber daya dengan orientasi stmtegi yang dilakukan perusahaan, ada pengaruh positif antara orientasi strategi yang dilakukan perusahaan dengan inovasi pmduk yang dihasilkan pausahaan, ada pengaruh positif antara inovasi produk yang dihasilkan perusahaan dengan pertumbuhan penjualan. Akhir dari penelitian ini menghubungkan hasil penelitian dengan implikasi teoritis dan implikasi manajaial. Keterbatasan penelitian dan agenda penelitian mendatang dawn dijadikan referensi bagi penelitian-penelitian beniutnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 9097 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 22 Apr 2010 15:38 |
Last Modified: | 22 Apr 2010 15:38 |
Repository Staff Only: item control page