ANALISIS PEMASARAN STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK AJB BUMIPUTERA 1912 KANTOR OPERASIONAL ASURANSI KUMPULAN SEMARANG

WALOEJONO, KOENTJORO (1996) ANALISIS PEMASARAN STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK AJB BUMIPUTERA 1912 KANTOR OPERASIONAL ASURANSI KUMPULAN SEMARANG. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1942Kb

Abstract

Performance of the AJB Bumi Putra 1912 collective insurance of operating office Semarang shows the big fluctuation. The increasing of policies sold / premium insurance received increase sharply in 1994. There were about 470.8 % in 1994 and were continued about 145,4 % in 1995. As the result, the average growth annually during 1991 - 1995 was 166,16 %. Therefore the objection of the research to know the marketing strategy has been doing by MB Bumiputera 1912 especially by collective insurance of operating office Semarang in 1994. Besides to develop company in the future the research objective is for marketing mix elements, so that elements have positive and significant influence get attention to support to the company development in the future. The instrument used in this research are qualitative and quantitative analysis. Quality analysis is done by an analysis instrument of SAP, ETOP and SWOT matrix position. The research results show that the competitions become tight and in preparing to face globalisation, AJB Bumiputera 1912 stated Horizon 2000 policy. The one of the strategy that stated in that policy is product developing specially by collective insurance. The product development has to pass by procedure and special requirement to reach the result as it hopes by integrated planning strategy. The product development programs are investment and needs much more charge, so it must be tried to get the increase selling product. That succeeded programs will be shown by increasing of the collection insurance of the operating office Semarang. To support the development of the company in the future based on the result of double linear regression against some marketing mix elements. The reality, product development elements have positive link between policy selling and significant level. In connection with it, the strategic implication to face the future especially in globalisation era the product development strategy in integratedly must be continued and increased. That strategy needs some support by efficiency and effectively and other fields to support the achievement of the objection in globalisation era. Kinerja AJB Bumiputera 1912 Kantor Operasional Asuransi Kumpulan Semarang menunjukkan fluktuasi yang besar, peningkatan penjualan polis/penerimaan premi asuransi melonjak tajam pada tahun 1994 yaitu sebesar 470,8% pada tahun 1994 dan berlanjut pada tahun 1995 sebesar 145,4%, sehingga rata-rata pertumbuhan pertahun selama tahun 1991-1995 mencapai 166,16%. Oleh karma itu tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilalcsanakan MB Bumiputera 1912 Idiusus Kantor Operasional Asuransi Kumpulan Semarang pada tahun 1994. Disamping itu dalam rangka mengembanglcan perusahaan pada masa yang akan datang, penelitian ditujukan kepada unsur marketing mix, sehingga unsur marketing mix yang mempunyai pengaruh positif dan signifikan mendapatican perhatian untuk mendulcung pengembangan perusahaan pada masa yang datang. Mat analiiis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif dilakukan dengan rnenggunakan piranti analisis SAP, ETOP dan matriks posisi SWOT, sedangkan analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan piranti analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjuklcan bahwa dalam kondisi persaingan yang makin ketat dan dalam rangka mempersiapkan din menghadapi era globalisasi MB Bumiputera 1912 menetapkan kebijaksanaan Hodson 2000. Satan satu strategi yang ditetapkan dalam kebijaksanaan tersebut adalah pengembangan produk terutama melalui asuransi kumpulan. Pengembangan produk hams melalui prosedur dan persyaratan tertentu agar dapat mencapai hasil seperti yang diharapkan, melalui suatu perencanaan strategis dan terpadu. Program pengembangan produk merupakan investasi dan memerlukan tambahan biaya besar, sehingga hams diupayakan agar dapat menghasilkan peningkatan penjualan. Program tersebut berhasil dengan balk nampak dad meningkatnya perkembangan Kantor Operasional Asuransi Kumpulan Semarang. Untuk mendukung perkembangan perusahaan pada masa yang akan datang, mendasarkan pada basil regresi linier berganda terhadap beberapa elemen marketing mix, ternyata elemen pengembangan produk, mempunyai hubungan positif dengan penjualan polls dan mempunyai derajat signifikan. Sehubungan dengan hal tersebut sebagai implikasi strategi menghadapi masa yang akan datang Idiususnya era globalisasi strategi pengembangan produk secara terpadu hams tctap dilanjutkan dan dikembangkan lehih balk. Strategi tersebut perlu didukung dengan efisiensi dan efektivitias dibidang lain sehingga menunjang tercapainya sasaran dalam era globalisasi.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:9073
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:27 Apr 2010 18:24
Last Modified:27 Apr 2010 18:24

Repository Staff Only: item control page