PENGARUH DIMENSI STRATEGI INOVASI TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (SEBUAH STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI KOTA SEMARANG)

Widyanto, Arif (2001) PENGARUH DIMENSI STRATEGI INOVASI TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (SEBUAH STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI KOTA SEMARANG). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2888Kb

Abstract

ABSTRACT The objective of this study is to examine the influence of innovation strategy on financial performance both partially and simultanausly, determine the effects of firm size and business unit autonomy on financial performance. In this study, innovation strategy comprises leadership innovation of orientation, type of innovation (comprises process innovation and product innovation), source of innovation (comprises external and internal Innovation), and level of investment innovation. The sample of this research was 126 manufacturing firms located in Semarang via survey. The responden was top management of the firm. Multiple regression analysis was employed to analyze the surveyed data with making use of SPSS release 10 software package program. The findings show that all innovation strategy dimensions affect financial performance positively and significantly except external source of innovation, firm size and business unit autonomy influence significantly on financial performance. The managerial implications could be drawn from this study is that the top management innovation policy should be based on priority scale. ABSTRAKSI Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh strategi inovasi terhadap kinedalceuangan perusahaan baik secara parsial maupun secara simultan, menganalisi pengaruh ukuran dan status perusahaan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Dalam penelitian ini strategi inovasi terdiri dari dimensi-dimensi yaitu orientasi kepemimpinan inovasi, tipe-tipe inovasi (terdiri dari inovasi proses dan inovasi produk), sumber-sumber inovasi (terdiri dari sumber inovasi ekstemal dan sumber inovasi internal), dan tingkat investasi inovasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 126 perusahaan manufaktur di kota Semarang melalui survei. Responden dalam penelitian ini adalah pimpinan perusahaan. Regresi berganda digunakan untuk menganalisis data-data yang diperoleh dengan menggunakan bantuan program SPSS 10. Hasil penelitian menunjulckan bahwa semua dimensi strategi inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan kecuali sumber inovasi eksternal, ukuran dan status perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Implikasi kebijakan manajerial yang bisa ditarik adalah bahwa pimpinan perusahaan hams bisa menetapkan dimensi strategi inovasi mana yang akan menjadi prioritas dalam menentukan kebijakan inovasinya.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:9056
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:22 Apr 2010 12:49
Last Modified:22 Apr 2010 12:49

Repository Staff Only: item control page